EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BERBASIS KOMPUTER PADA DIVISI MINI MARKET PT GUNUNG INTAN MULTIUSAHA DI SURABAYA

RASYIDA PUTRI, 040510436 (2011) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BERBASIS KOMPUTER PADA DIVISI MINI MARKET PT GUNUNG INTAN MULTIUSAHA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrirasyi-12832-a17710-e.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrirasyi-12832-a17710-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era teknologi informasi, penggunaan komputer telah merambah seluruh sisi kehidupan manusia termasuk juga dalam pengelolaan perusahaan. Komputer dan piranti lunaknya turut terlibat dalam penanganan transaksitransaksi akuntansi perusahaan untuk mendapatkan kecepatan, keakuratan dan keandalan dalam penyediaan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan manajerial yang tepat. Salah satu transaksi dalam perusahaan yang pada saat sekarang ini yang telah terkomputerisasi, yaitu transaksi pembelian. Pembelian merupkan salah satu fungsi yang penting dalam berhasilnya operasi suatu perusahaan. Fungsi ini dibebani tanggung jawab untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas bahan-bahan, barang-barang, dan jasa-jasa yang tersedia pada waktu dibutuhkan dengan harga yang sesuai dengan harga yang berlaku. Oleh karena itu perlu diusahakan agar pelaksanaan fungsi pembelian ini oleh bagian pembelian dan bagian-bagian lain yang terlibat dalam transakasi pembelian dengan seefektif dan seefisien mungkin. Maka sistem informasi akuntansi pembelian berbasis komputer dipergunakan perusahaan untuk mendukung pelaksanaan pembelian secara efektif dan efisien. Agar sistem informasi akuntansi pembelian berbasis komputer dapat berfungsi sesuai dengan tujuan dan manfaatnya bagi perusahaan maka sistem informasi tersebut harus selalu dievaluasi secara periodik tertentu agar kriteriakriteria manfaat dari sistem informasi yang dipergunakan dapat selalu memberikan manfaat yang optimal bagi perusahaan. ix Penelitian dilakukan terhadap sistem informasi akuntansi pembelian berbasis komputer pada divisi mini market PT.Gunung Intan Multiusaha Surabaya. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis yang dipergunakan dalam melakukan evaluasi atas sistem informasi akuntansi pembelian berbasis komputer pada divisi mini market PT.Gunung Intan Multiusaha Surabaya dengan menggunakan hasil evaluasi internal perusahaan yang menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service) dan menggunakan hasil evaluasi dengan metode Biaya versus Manfaat (Cost Versus Benefit Method). Disamping itu dilakukan juga evaluasi atas komponen sistem informasi akuntansi serta syarat-syarat sebagai suatu sistem informasi akuntansi yang efektif. Berdasarkan hasil analisis atas evaluasi sistem informasi akuntansi pembelian berbasis komputer pada divisi mini market PT.Gunung Intan Multiusaha Surabaya dapat diketahui bahwa sistem informasi akuntansi pembelian berbasis komputer yang dipergunakan; telah memenuhi syarat dan komponen sebagai suatu sistem informasi akuntansi yang efektif dan memadai. Sedangkan dari hasil evaluasi baik yang menggunakan metode PIECES maupun Cost Vs Benefit, sistem informasi akuntansi yang telah dilakukan penyempurnaan baik pada hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) nya, manfaat (benefit) yang diterima lebih besar bila dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan hardware dan software.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 177/10 Put e
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
RASYIDA PUTRI, 040510436UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorISNALITA, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 01 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item