Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kolektibilitas Pembiayaan Pada Koperasi Syariah Dan Koperasi Konvensional (Studi Kasus Pada Kspps Muamalah Berkah Sejahtera Dan Kpri Usaha Kita Di Surabaya)

Viola Nurahma Putri (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kolektibilitas Pembiayaan Pada Koperasi Syariah Dan Koperasi Konvensional (Studi Kasus Pada Kspps Muamalah Berkah Sejahtera Dan Kpri Usaha Kita Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FEB.EI.214-19 Put f.pdf

Download (280kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FEB.EI.214-19 Put f.pdf

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FEB.EI.214-19 Put f.pdf

Download (362kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FEB.EI.214-19 Put f.pdf
Restricted to Registered users only until 3 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelancaran pengembalian pembiayaan merupakan hal penting bagi keberlangsungan lembaga keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor sosio ekonomi (gender, jenis pekerjaan), karakteristik pembiayaan (jumlah pembiayaan, jangka waktu) dan geografis (jarak) terhadap tingkat kolektibilitas pembiayaan dengan menggunakan regresi logistik biner. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya dan KPRI Usaha Kita Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, terdapat 183 anggota pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera dan 88 anggota pada KPRI Usaha Kita yang sesuai dengan kriteria sampel. Hasil menunjukan bahwa jangka waktu dan jarak berpengaruh signfikan terhadap kolektibilitas pembiayaan pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Sedangkan pada KPRI Usaha Kita hasil menunjukan bahwa gender, jenis pekerjaan dan jarak berpengaruh signifikan terhadap kolektibilitas pembiayaan. Pengujian statistik non parametrik (chi square) juga dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan karakteristik anggota antara koperasi syariah dan konvensional. Hasil uji statistik non parametrik menunjukan bahwa jenis pekerjaan, jumlah pembiayaan dan jangka waktu mempengaruhi kecenderungan anggota dalam memilih koperasi syariah dan konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FEB.EI.214/19 Put f
Uncontrolled Keywords: Karakteristik pembiayaan, Geografis, Sosio-ekonomi, Kolektibilitas,Regresi logistik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Viola Nurahma PutriNIM041511433060
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBayu Arie FiantoNIDN0010028503
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:43
Last Modified: 31 Jan 2020 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91896
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item