Minyak Bumi dalam Dinamika Politik dan Ekonomi lndonesia 1950-1960an

Purnawan Basundoro (2017) Minyak Bumi dalam Dinamika Politik dan Ekonomi lndonesia 1950-1960an. In: Minyak Bumi dalam Dinamika Politik dan Ekonomi lndonesia 1950-1960an. Airlangga University Press, Surabaya, pp. 1-141. ISBN 978-602-6606-59-4

[img] Text (FULLTEXT)
08 Buku Minyak Fulltext.pdf

Download (8MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
08 Buku Minyak Peer Review.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://ailis.lib.unair.ac.id/uploaded_files/tempor...

Abstract

Terbitnya buku ini merupakan momentum yang tepat, karena bangsa Indonesia sedang menghadapi persoalan pengelolaan pertambangan yang dilakukan perusahaan tambang asing. Saat ini Indonesia sedang melakukan negosiasi ulang atas kasus-kasus pengelolaan hasil tambang yang kurang berpihak pada sebesarbesar kepentingan rakyat Indonesia. Menghadapi kasus tersebut, Pemerintah Indonesia harus belajar pada sejarah pengelolaan tambang minyak bumi yang dikaji pada buku ini. Pertambangan minyak bumi adalah unit usaha warisan kolonial Belanda, yang pengelolaan awalnya murni untuk kepentingan pemerintah kolonial beserta perusahaan-perusahaan asing yang mengerjakannya secara teknis. Namun, ketika Indonesia merdeka dan telah menjadi bangsa yang berdaulat, merasa berkepentingan untuk mengambil alih pengelolaan tambang-tambang minyak yang masih dikuasai oleh perusahaan asing. Perjuangan untuk hal ini bukanlah perjuangan ringan karena di belakang perusahaan-perusahaan minyak berdiri kekuatan negara asing. Dengan satu keyakinan dan dengan semangat nasionalisme yang membara, upaya untuk mengelola pertambangan minyak bumi secara mandiri akhirnya berhasil. Keberhasilan tersebut ditandai dengan lahirnya perusahaan minyak nasional yang saat ini dikenal dengan nama PT. Pertamina.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Minyak Bumi, Politik, Ekonomi, Indonesia
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ200-361 History
Q Science > QH Natural history > QH1 Natural history (General - Including nature conservation, geographical distribution)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Purnawan BasundoroNIDN0027057501
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Dec 2019 04:08
Last Modified: 03 Dec 2019 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91899
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item