Distorsi Pasar Versi Ekonomi Islam Menurut Perspektif Konsumen (Studi Kasus Pasar Ampel Surabaya)

Rinaldi Yoga Tamara, 041311433131 (2019) Distorsi Pasar Versi Ekonomi Islam Menurut Perspektif Konsumen (Studi Kasus Pasar Ampel Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FEB.EI.223-19 Tam d.pdf

Download (644kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FEB.EI.223-19 Tam d.pdf

Download (360kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FEB.EI.223-19 Tam d.pdf

Download (398kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FEB.EI.223-19 Tam d.pdf
Restricted to Registered users only until 3 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Distorsi pasar merupakan kondisi pasar yang tidak seimbang di mana terjadi hal-hal yang mengganggu mekanisme pasar yang sudah tersusun rapi. Distorsi yang terjadi dilakukan oleh komponen pasar itu sendiri dalam rangka memperoleh keuntungan lebih cepat dan lebih banyak, namun di sisi lain merugikan komponen pasar yang lain. Hal ini tentu bertolak belakang dengan prinsip pasar ideal sesuai dengan perspektif ekonomi islam yaitu keadilan, mengindari mudharat, dan memperhatikan maslahat bagi seluruh komponen pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap distorsi pasar pada pasar Ampel Surabaya berdasarkan perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Melalui metode probability dengan jenis random sampling, sampel konsumen pasar yang diambil sebesar 134 responden. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa adanya keadaan distorsi pada pasar Ampel Surabaya, ditunjukkan dengan hasil jawaban responden. Sebanyak 64,4% mendominasi frekuensi pernyataan adanya motif ba’i najasy dengan frekuensi tinggi. Sebanyak 67,2% mendominasi frekuensi pernyataan adanya motif ikhtisar dengan frekuensi tinggi. Sebanyak 60,4% mendominasi frekuensi pernyataan adanya motif tadlis dengan frekuensi tinggi. Sebanyak 38,8% mendominasi frekuensi pernyataan adanya motif taghrir dengan frekuensi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FEB.EI.223/19 Tam d
Uncontrolled Keywords: Distorsi pasar, rekayasa permintaan dan penawaran, ba’i najasy, ikhtisar, tadlis, taghrir, ekonomi Islam
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Rinaldi Yoga Tamara, 041311433131NIM041311433131
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Fajar CahyonoNIDN0002118702
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:01
Last Modified: 30 Jan 2020 07:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91941
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item