EFEKTIVITAS PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MATERI SELF HELP PADA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

KHOIRUL UMAM, 111414153021 (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MATERI SELF HELP PADA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (58kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan guru untuk mengajar anak-anak tentang materi self help sangat dibutuhkan karena berkaitan erat dengan kemampuan anak untuk menjalani kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab. Mengajar materi self help membutuhkan keterampilan yang berkualitas dari guru dalam mengajar, tetapi pada kenyataannya tidak semua guru mampu mengajarkan keterampilan self help ini dengan baik kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas pelatihan dalam metode pembelajaran konstruktivisme dengan model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan mengajar self help guru pendidikan anak usia dini. Metode pembelajaran konstruktivisme adalah metode yang memberikan pengetahuan kepada siswa melalui pemahaman observasi dan pengalaman siswa. Sedangkan discovery learning menekankan pada proses belajar dengan pengalamannya dalam penemuan, mengembangkannya dan akan lebih memperkuat resistensi ingatan. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi dengan desain one-group pretest dan post test pada enam guru pendidikan anak usia dini yang masih menggunakan metode pengajaran konvensional. Intervensi diberikan kepada subjek dalam bentuk pelatihan dalam metode pembelajaran konstruktivisme dengan model discovery learning. Teknik pengumpulan data menggunakan panduan observasi dengan reliabilitas 0,812 cohenn'skappa yang mengukur keterampilan mengajar guru. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis statistik uji Wilcoxon test dengan program IBM SPSS for windows statistics 21 version. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru dalam mengajar materi self help dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran pelatihan dengan pendekatan konstruktivisme dengan model discovery learning. Sementara hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pelatihan dalam metode pembelajaran konstruktivisme dengan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar bahan self-help. Implikasinya, penelitian ini dapat menjadi dasar dalam mengembangkan keterampilan guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 61/19 Uma e
Uncontrolled Keywords: Training on discovery learning model, teaching skills, early childhood education teachers, self help skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB2165-2278 Teacher training in universities and colleges
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
KHOIRUL UMAM, 111414153021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, '0010098104UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2019 01:56
Last Modified: 05 Dec 2019 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92078
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item