EKSISTENSI PEMAIN GAME ONLINE DALAM VIRTUAL LIBRARY

Moch. Yaka Bagus Pratama, 071511633054 (2019) EKSISTENSI PEMAIN GAME ONLINE DALAM VIRTUAL LIBRARY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS IIP 104 19 Pra e ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
FIS IIP 104 19 Pra e DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
FIS IIP 104 19 Pra e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
FIS IIP 104 19 Pra e Jurnal - Moch Yaka 071511633054.pdf

Download (485kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 104 19 Pra e.pdf
Restricted to Registered users only until 9 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Teknologi informasi memberikan terobosan dan kemudahan dalam berbagai hal yang telah mampu memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat. Lingkungan virtual yang ada didalam permainan online mampu memberikan pengaruh baru bagi masyarakat generasi milenial dalam memenuhi kebutuhan bersosial. Rasa keingin tahuan yang tinggi didukung oleh ketertarikan terhadap lingkungan virtual memberikan dorongan yang kuat bagi individu untuk mecoba dan menunjukan entitas diri dalam tatanan masyarakat. Tidak terkecuali dalam hal yang mendasar sebagai anggota tatanan sosial, yaitu dengan meningkatkan keberadaan dalam perpustakaan dan lingkungan virtual dalam platform permainan online tersebut. Penelitian ini merupakan jawaban dari pertanyaan terkait keberadaan entitas virtual dalam sebuah lingkungan virtual dalam sudut pandang ilmu sosial. Dengan menggunakan kualitatif dan pendekatan fenomenologi, peneliti melihat dalam temuan data tentang tanda tanda keberadaan individu dalam lingkungan virtual dengan menggunakan tindakan sosial sebagai langkah penerapannya. Penelitian ini juga mencakup bibliometric research yang menjawab keterkaitan subjek penelitian menggunakan database dari Scopus Publisher sebagai penyedia publikasi ilmiah. Pendekatan terhadap subjek penelitian dalam jangka waktu lebih dari 12 bulan dengan metode analisis Interpretative Phenomenological Analysis serta konsep keberadaan dari Martin Heidegger, memberikan kedalaman data yang dibutuhkan peneliti sehingga memunculkan kesimpulan tentang proses pembentukan keberadaan dari setiap entitas virtual. Kesadaran individu yang diwakilkan oleh avatar yang kemudian disebut sebagai pemain, menggambarkan keberadaan pemain tersebut yang tergambar dalam lingkungan virtual dalam pembentukan profil, interaksi sosial, dan rangkaian sejarah atau fenomena dalam ruang waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 104/19 Pra e
Uncontrolled Keywords: eksistensi keberadaan, Martin Heidegger, perpustakaan virtual, avatar, virtual space
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Moch. Yaka Bagus Pratama, 071511633054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia, A.ks.,M.Si., NIDN :'0009107507UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Dec 2019 03:49
Last Modified: 09 Dec 2019 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item