“PRODUKSI DAN KONSUMSI INFORMASI FASHION HIJAB PADA KOMUNITAS HIJABERS GRESIK“

Ariatul Qibtiyah, 071511633004 (2019) “PRODUKSI DAN KONSUMSI INFORMASI FASHION HIJAB PADA KOMUNITAS HIJABERS GRESIK“. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS IIP 89 19 Qib p ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
FIS IIP 89 19 Qib p DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
FIS IIP 89 19 Qib p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text
FIS IIP 89 19 Qib p JURNAL - Ariatul Qibtiyah - 071511633004.pdf

Download (195kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 89 19 Qib p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Dengan semakin berkembang nya teknologi informasi dan komunikasi, juga semakin beragam nya media sosial yang ada saat ini menjadikan aktivitas produksi dan konsumsi informasi dapat dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah. Salah satu informasi yang saat ini sedang trend dikalangan masyarakat terutama kalangan perempuan adalah informasi terkait fashion hijab, yang mana informasi fashion hijab tersebut saat ini sedang banyak diproduksi oleh para kalangan influencer maupun selebriti berhijab dan juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat melalui media sosial. Oleh sebab itu hal tersebut menjadi suatu fenomena bahwa melalui media sosial saat ini peengguna tidak hanya berperan sebagai konsumer informasi saja melainkan mereka juga dapat berperan sebagai produser informasi yang aktif pada akun-akun pribadi milik mereka. Penelitian ini dilakukan pada anggota komunitas Hiabers Gresik dengan mendapatakan responden sebanyak 54 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana aktivitas produksi dan konsumi informasi fashion hijab yang dilakukan oleh anggota komunitas Hijabers Gresik, sekaligus ingin mengetahui keterkaitan antara aktivitas produksi dan konsumsi informasi fashion hijab yang telah dilakukan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa para reponden memproduksi dan mengkonsumsi informasi fashion hijab tersebut pada akun media sosial mereka. Untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini, peneliti melakukan wawancara terstruktur dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden. Dan hasil nya adalah bahwa 100% responden melakukan aktivitas produksi dan konsumsi informasi fashion hijab, dengan sebanyak 31% responden memproduksi informasi fashion hijab untuk tuntutan pekerjaan berupa foto endorse, paid promote dan juga model gaun pengantin muslimah sebuah Wedding Organizer, dan sebelum memproduksi 33% responden membutuhkan informasi fashion hijab seputar trend fashion hijab yang sedang up to date (meliputi gaya hijab, outfit busana muslim). Aktivitas produksi dan konsumsi informasi fashion hijab ini dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang ada, yang mana sebanyak 48% responden menggunakan instagram untuk mengakses dan menciptakan informasi fashion hijab secara bersamaan. Sehingga dengan kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial yang merupakan representasi dari web 2.0 menjadikan aktivitas produksi dan konsumsi informasi fashion hijab ini sangat mudah dilakukan serta aktivitas produksi informasi fashion hijab dapat dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan dengan mendatangkan feedback secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 89/19 Qib p
Uncontrolled Keywords: Produksi informasi fashion hijab, Konsumsi informasi fashion hijab, Keterkaitan produksi dan konsumsi informasi fashion hijab, Prosumption pada media sosial.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Ariatul Qibtiyah, 071511633004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.,, NIDN :'0030056402UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Dec 2019 05:06
Last Modified: 09 Dec 2019 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item