Karakteristik Fisikokimia, Rendemen Kamaboko Berbahan Surimi Dan Isolat Protein Asam-Basa Dari Ikan Mata Besar (Priacanthus Tayanus)

Prisvon Eka Aijerin (2019) Karakteristik Fisikokimia, Rendemen Kamaboko Berbahan Surimi Dan Isolat Protein Asam-Basa Dari Ikan Mata Besar (Priacanthus Tayanus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PK.THP.22-19 Aij k abstrak.pdf

Download (939kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PK.THP.22-19 Aij k daftar isi.pdf

Download (451kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PK.THP.22-19 Aij k daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK.THP.22-19 Aij k full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setahun terakhir produksi perikanan tangkap ikan mata besar (Priacanthus tayanus), di wilayah pantai utara (pantura) cukup meningkat hingga 12 ribu/ton (Radar Bojonegoro, 2018). Menurut Panpipat (2016), ikan ini memiliki karakter gel baik, didukung dari kandungan protein tinggi dibandingkan dengan ikan sarden (Sardinops sp.) Surimi merupakan salah satu bahan baku utama dalam pembuatan kamaboko. Dalam pembuatan surimi beberapa masalah yang belum dapat dimanfaatkan dari limbah pengolahan antara lain yaitu : kulit, kepala, kerangka, organ visceral, dan sisa hasil air pencucian surimi, dimana protein tersebut masih dapat digunakan. Untuk memanfaatkan permasalahan tersebut dan meningkatkan nilai fungsional dan sifat fisikokimia produk kamaboko yaitu dengan metode (pHshift) isolat protein ikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karaktersitik fisikokimia, rendemen kamaboko berbahan surimi dan isolat protein asam-basa dari ikan mata besar (Priacanthus tayanus). Metode penelitian ini adalah metode eksperimental, dengan tiga perlakuan dan tiga kali ulangan. Parameter utama adalah nilai rendemen, gel, water holding capacity (WHC), total volatile base (TVB-N), sedangkan parameter pendukung adalah uji lipat dan pH. Analisis data menggunakan metode statistik yaitu Analysis of variance apabila terdapat perbedaan yang nyata maka diuju lanjut dengan uji Duncan dan Kruskal Wallis untuk analisis uji lipat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.PK.THP.22/19 Aij k
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA, RENDEMEN KAMABOKO,SURIMI,ISOLAT PROTEIN ASAM-BASA,IKAN MATA BESAR (Priacanthus tayanus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Prisvon Eka AijerinNIM141511233088
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRr. Juni TriastutiNIDN0021066903
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 22 Jan 2020 08:34
Last Modified: 01 Feb 2020 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item