ANALISIS PROFIL KORBAN DAN JENIS KEKERASAN TERHADAP STRATEGI KOPING PADA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU (PPT) JAWA TIMUR

Yan Laras Malahayati Mahqfiroh, 091714653004 (2019) ANALISIS PROFIL KORBAN DAN JENIS KEKERASAN TERHADAP STRATEGI KOPING PADA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU (PPT) JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2022.

Download (915kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kasus yang masih banyak terjadi di Indonesia yaitu salah satunya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami oleh perempuan dimana sekitar 90% dilakukan oleh kaum pria terhadap wanita. Hal itu terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. KDRT sendiri termasuk dalam peristiwa traumatis yang dapat merusak ataupun mengganggu system memori PFC di otak dan juga akan mengalami disfungsional kognitif atau disfungsi strategi koping jika korban terindikasi PTSD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan otong lintang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil korban dan karakteristik luka terhadap strategi koping pada korban KDRT. Penelitian dilakukan pada 13 subyek didapatkan tehnik pengambilan sampel dengan cara non probability sampling (accidental sampling). Hasil dari penelitian didapatkan kesimpulan bahwa korban berada pada rentang dewasa awal dan usia pelaku berada pada rentang masa dewasa akhir, beragama islam, bersuku jawa, memiliki pendidikan terakhir SMA, memiliki penghasilan keluarga sebesar 2.000.000-5.000.000, masih berstatus menikah, korban sebagai ibu rumah tangga, korban tidak mengkonsumsi obat psikotik atau neurologis ataupun alkohol dan obat terlarang. Serta dari ke 13 subyek disimpulkan bahwa sebagian besar menggunakan strategi coping yeng berorientasi pada emotion focused coping (EFC) terwujud dalam bentuk self controlling.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TIF 12/19 Mah a
Uncontrolled Keywords: profile and type of violence, coping strategies, victims of domestic violence.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Forensik
Creators:
CreatorsNIM
Yan Laras Malahayati Mahqfiroh, 091714653004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHanafi Muljohardjono, '8848940017UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:21
Last Modified: 10 Dec 2019 07:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92435
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item