HYGIENE SANITASI (Studi Deskriptif Tentang Hygiene Sanitasi dalam Pengolahan Makanan di Coffee Shop Grand Father, Surabaya)

FEMIA AYU DAMAIRIA, 151611413042 (2019) HYGIENE SANITASI (Studi Deskriptif Tentang Hygiene Sanitasi dalam Pengolahan Makanan di Coffee Shop Grand Father, Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (abstrak)
KKB KK FV.PW. 48-19 Dam h ABS.pdf

Download (101kB)
[img] Text (daftar isi)
KKB KK FV.PW. 48-19 Dam h DAFIS.pdf

Download (78kB)
[img] Text (daftar pustaka)
KKB KK FV.PW. 48-19 Dam h DAPUS.pdf

Download (175kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW. 48-19 Dam h.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin kuatnya dunia bisnis di Indonesia maka banyak industri yang tengah eksis dan saling bersaing serta mengunggulkan nama atau produknya masing-masing. Pesatnya industri di Indonesia khususnya di bidang hospitality seperti kafe atau coffee shop harus didukung oleh pemberian prosedur Hygiene dan Sanitasi. Hal itu tentu sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kafe serta pelayanan untuk kastemer yang berkunjung dan mengkonsumsi produk di kafe tersebut. Selain itu, adanya prosedur Hygiene dan Sanitasi juga dapat mencegah atau mengurangi terjadinya risiko keracunan makanan sehingga karyawan dapat merasa aman, nyaman, dan sehat ketika menjalankan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hygiene dan sanitasi dalam Pengolahan Makanan di Coffee Shop Grand Father Surabaya. Peneliti memilih lokasi penelitian di Coffee Shop Grand Father Surabaya. yang terletak di Jalan Kalasan Surabaya. Coffee Shop Grand Father Surabaya. merupakan salah satu kafe di Surabaya yang memiliki special menu minuman kopi. Kafe ini menyediakan beberapa alat dan mesin kopi yang tergolong canggih dan memerlukan prosedur yang profesional dalam penggunaannya untuk membuat sebuah kopi yang sesuai standar Coffee Shop Grand Father Surabaya.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang akan menjelaskan secara menyeluruh dan nyata mengenai prosedur Hygiene dan Sanitasi yang telah diterapkan di Coffee Shop Grand Father Surabaya. Data yang didapatkan dengan cara wawancara, observasi secara terbuka, dan penggunaan bahan dokumen untuk semakin mendukung kebenaran yang ada pada saat proses penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan Coffee Shop Grand Father Surabaya. Cukup baik dalam pengolahan makanan namun karyawan tidak mengikuti standart yang telah di tentukan. Hal itu yang sering menjadi penyebab timbulnya keracunan makanan. Alat Pelindung Diri berupa apron sudah dipakai dalam pekerjaannya tapi tidak dengan karyawan dapur yang hanya menggunakan ketika mengolah bahan mentah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.PW. 48/19 Dam h
Uncontrolled Keywords: Hygiene dan Sanitasi dalam Pengolahan Makanan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3497-3499 Hygiene in universities and colleges
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
FEMIA AYU DAMAIRIA, 151611413042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si, NIDN 0024037201UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 12 Dec 2019 07:43
Last Modified: 17 Dec 2019 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92558
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item