STRATEGI KOMUNIKASI DINKOMINFO KOTA SURABAYA DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KINERJA PEMERINTAH KOTA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL

Failasuf Filantropi, 071214853041 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI DINKOMINFO KOTA SURABAYA DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KINERJA PEMERINTAH KOTA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TP 13 19 Fil s ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
TP 13 19 Fil s DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
TP 13 19 Fil s DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TP 13 19 Fil s.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi melahirkan new media yang mengubah distribusi informasi di seluruh dunia. Kehadiran new media juga memberikan akses untuk menyebarkan informasi kepada seluruh penggunanya. Perubahan ini tentunya patut menjadi perhatian bagi Humas pada lembaga pemerintahan. Humas di lembaga pemerintahan seperti Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya (Dinkominfo Kota Surabaya) dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan warganya dengan menggunakan paradigma baru, meninggalkan cara lama yang bersifat one way communication. Upaya tersebut diwujudkan oleh Dinkominfo Kota Surabaya dengan memanfaatkan media sosial. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh Dinkominfo Kota Surabaya dalam mengkomunikasikan kinerja pemerintahan kota Surabaya melalui media sosial. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan narasumber dan dokumentasi konten media sosial milik Dinkominfo Kota Surabaya, kemudian dianalisa dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinkominfo Kota Surabaya memiliki target audien masyarakat usia produktif yaitu 18 s.d. 34 tahun; Domisili, target audien Dinkominfo Kota Surabaya didominasi oleh penduduk kota Surabaya yang dikenal memiliki kultur arek. Dinkominfo Kota Surabaya merancang pesan yang akan disampaikan melalui media sosial menyesuaikan dengan karakter target audiennya yang didominasi oleh kalangan produktif dan berdomisili di Kota Surabaya. Kemudian pesan dirancang dan disampaikan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap media sosial yang digunakan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP 13/19 Fil s
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Media Sosial, dan Dinkominfo Kota Surabaya
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Failasuf Filantropi, 071214853041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. Henri Subiakto, SH., MA, NIDN :'0029036204UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Dec 2019 05:14
Last Modified: 13 Dec 2019 05:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item