HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA MENTAL, SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DENGAN QUALITY OF WORKLIFE (Studi pada Departemen HSE PT. Pertamina RU IV Cilacap)

VICA CLAUDIA FAJRIN (2019) HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA MENTAL, SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DENGAN QUALITY OF WORKLIFE (Studi pada Departemen HSE PT. Pertamina RU IV Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FKM 306 19 Faj h ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
FKM 306 19 Faj h DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
FKM 306 19 Faj h DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 306 19 Faj h.pdf
Restricted to Registered users only until 16 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi HSE PT. Pertamina RU IV Cilacap memiliki cakupan luas dalam pekerjaannya. Terdapat keluhan mengenai kesetaraan dan jumlah pelanggaran yang cukup banyak, serta tingginya beban kerja mental terutama pada safetyman pada tahun 2017. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan beban kerja mental, sistem reward and punishment dengan quality of worklife. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan studi cross-sectional. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 71 responden yang terbagi di masing-masing unit kerja HSE PT. Pertamina RU IV Cilacap. Analisis hubungan beban kerja mental, sistem reward and punishment dengan quality of worklife menggunakan Kendall’s tau b dan Chi square. Hasil evaluasi mengenai beban kerja mental pada fungsi HSE cenderung tinggi. Sistem reward and punishment pada fungsi ini menunjukkan hasil yang cenderung baik. Hasil evaluasi mengenai quality of worklife juga menunjukkan hasil yang baik. Analisis hubungan yang dilakukan pada variabel karakteristik individu menunjukkan terdapat hubungan antara variabel usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan status perkawinan dengan quality of worklifep (p < 0,05). Sebaliknya, tidak terdapat hubungan antara masa kerja, beban kerja mental, dan sistem reward and punishment dengan quality of worklife (p > 0,05). Fungsi HSE PT. Pertamina RU IV Cilacap dapat melakukan manajemen beban kerja mental untuk mengurangi beban kerja mental yang cenderung tinggi. Hal lain yang perlu dilakukan adalah memberikan gambaran mengenai jenjang karir untuk mempertahankan quality of worklife pada unit tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 306/19 Faj h
Uncontrolled Keywords: beban kerja mental, reward and punishment, quality of worklife
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
VICA CLAUDIA FAJRINNIM 101311133213
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny ArdyantoNIDN0001126303
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2019 01:14
Last Modified: 16 Dec 2019 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item