REPRODUKSI CITRA HIPERREALITAS KONSUMSI SUSU FORMULA (Analisis semiologi tentang hiperrealitas produk susu formula Morinaga Chil Kid Platinum)

Katon Baskoro (2019) REPRODUKSI CITRA HIPERREALITAS KONSUMSI SUSU FORMULA (Analisis semiologi tentang hiperrealitas produk susu formula Morinaga Chil Kid Platinum). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TSO 03 19 Bas r ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
TSO 03 19 Bas r DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
TSO 03 19 Bas r DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 03 19 Bas r.pdf
Restricted to Registered users only until 16 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami reproduksi citra, simulasi dan konsumsi susu formula yang dilakukan oleh para ibu di tengah hambatan menyusui bayi. Maraknya penjualan susu formula melalui iklan dan rekomendasi tenaga kesehatan menekan angka pemberian Air Susu Ibu kepada bayi. Hal ini menjadi penting untuk dikaji karena menyangkut kualitas hidup dan angka kematian bayi. Konsep hiperrealitas dan tindakan konsumsi yang dijelaskan oleh Baudrillard menjadi alat analisis dalam penelitian ini. Di tengah perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, Baudrillard menilai bahwa terdapat perubahan kebudayaan yang menyangkut berbagai aspek kehidupan. Baudrillard menjelaskan bahwa saat ini logika produksi telah digantikan dengan logka simulasi. Masyarakat pada era postmodern diselimuti oleh berbagai sistem tanda yang mengakibatkan hilangnya batas antara realitas nyata dan semu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiologi. Pendekatan analisis semiotika digunakan untuk menjelaskan hubungan struktural antara penanda dan petanda serta rujukan realitasnya dalam konteks bahasa dan komunikasi. Analisis semiotika memiliki fokus pada signifikasi dua tahap, antara lain denotasi dan konotasi. Analisis tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana reproduksi citra Morinaga Chil Kid Platinum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Seluruh sistem tanda dalam iklan menciptakan kesan atau citra produk susu formula bahwa Morinaga Chil Kid Platinum memiliki kandungan nutrisi lengkap yang berguna untuk pertumbuhan bayi. Sistem tanda dalam iklan menciptakan citra tertentu dengan melakukan integrasi realitas nyata dan semu sehingga meninggalkan kenyataan sebagai referensi awalnya. Sistem tanda dalam iklan yang dibuat oleh Morinaga Chil Kid Platinum diperuntukkan masyarakat meyakini bahwa produk tersebut mampu memberikan manfaat sebagaimana yang disampaikan. Sistem pertandaan yang menghasilkan citra produk menumbuhkan konsep kebutuhan konsumen terhadap susu formula. Konsumen hanya memiliki keyakinan bahwa susu formula memiliki kandungan gizi yang dapat menggantikan ASI tanpa memberikan manfaat sebagimana disampaikan melalui iklan produk.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO 03/19 Bas r
Uncontrolled Keywords: Reproduksi citra, hiperrealitas, konsumsi, susu formula
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Katon BaskoroNIM071714753015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong SuyantoNIDN0006096604
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:12
Last Modified: 16 Dec 2019 10:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item