RANCANGAN UPAYA PENINGKATAN KEPATUHAN HAND HYGIENE PADA PERAWAT DAN BIDAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI STAGE OF CHANGE DAN MINDSPACE (Studi di Rumah Sakit Islam Surabaya)

BOY SANDY SUNARDHI (2019) RANCANGAN UPAYA PENINGKATAN KEPATUHAN HAND HYGIENE PADA PERAWAT DAN BIDAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI STAGE OF CHANGE DAN MINDSPACE (Studi di Rumah Sakit Islam Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 20 19 Sun r ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
TKA 20 19 Sun r DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
TKA 20 19 Sun r DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 20 19 Sun r.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku cuci tangan petugas kesehatan di Rumah Sakit merupakan salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap pencegahan terjadinya infeksi nosokomial. Pada bulan November 2018 rerata hasil capaian Hand Hygiene di Rumah Sakit Islam sebesar 77.2% terhadap standar RS sebesar >85%. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan cuci tangan menggunakan teori Stage of Change dan intervensi dengan pendekatan MINDSPACE terhadap perawat dan bidan di Rumah Sakit Islam Surabaya dalam mencapai standar kepatuhan cuci tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian research operasional. Sampel dari penelitian ini adalah perawat dan bidan di unit HD, ruang rawat inap Makkah, Madinah dan Thaif yang berjumlah 66 orang. Hasil penelitian meliputi: (1) Hasil tahap awal stage of change menunjukkan bahwa sebagian besar perawat dan bidan berada pada tahapan contemplation, yang berarti bahwa perawat dan bidan memiliki kesadaran untuk merubah perilaku namun masih mengalami hambatan, (2) Intervensi Norms merupakan intervensi yang paling banyak dipilih apabila di akumulasikan pilihan sebagai prioritas pertama, kedua dan ketiga apabila dibandingkan dengan bentuk intervensi lainnya, (3) Hasil tahap akhir stage of change menunjukkan bahwa sebagian besar subyek berada pada tahapan action, (4) Rekomendasi program peningkatan kepatuhan cuci tangan di RSI Surabaya adalah dengan melanjutkan intervensi Norms selama 6 bulan, merancang indikator kepatuhan cuci tangan, dan melakukan monitoring dan evaluasi kepatuhan cuci tangan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 20/19 Sun r
Uncontrolled Keywords: hand hygiene compliance, stage of change, MINDSPACE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
BOY SANDY SUNARDHINIM101714453006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly ChalidyantoNIDN0008117102
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2019 05:25
Last Modified: 17 Dec 2019 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item