UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN KLINIK PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA KENJERAN BERDASARKAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT VALUE CHAIN

AMELIA (2019) UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN KLINIK PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA KENJERAN BERDASARKAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT VALUE CHAIN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 37 19 Ame u ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
TKA 37 19 Ame u DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
TKA 37 19 Ame u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 37 19 Ame u.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini, berbagai karakterisitik pasien yang akan menggunakan jasa layanan kesehatan, penyedia layanan kesehatan harus senantiasa siap dalam melayanani dan merawat pasien serta dapat memberikan respons yang baik terhadap keinginan dan tuntutan para pasien. Manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) merupakan salah satu strategi penting yang dapat digunakan oleh rumah sakit untuk mewujudkan patient centered care. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi pengembangan customer relationship management dengan konsep CRM value chain untuk meningkatan kunjungan klinik penyakit dalam di RS Mitra Keluarga Kenjeran. Penelitian ini adalah penelitian observasional, dengan rancang bangun cross sectional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil melalui kuesioner yang diberikan kepada pasien klinik penyakit dalam RSMKK sebanyak 180 orang. Kemudian dari hasil penelitian dilakukan focus group discussion dengan manajemen RSMKK sehingga menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan kunjungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara need pelanggan dengan customer intimacy dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 untuk diagnosis dokter dan 0,022 pada keparahan penyakit, customer intimacy dengan value proposition development dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan value proposition development dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan nilai signifikansi 0,01 dan 0,00. Rekomendasi dari penelitian ini untuk meningkatkan kunjungan klinik penyakit dalam RS Mitra Keluarga Kenjeran adalah membuat kebijakan dan anggaran untuk pelaksanaan CRM, melakukan sosialisasi kepada dokter terkait pelaksanaan ERM, merekrut 2 staf marketing, mengembangkan jaringan ke asuransi dan bank/kartu kredit lain, membeli kursi tunggu dan membuat video edukasi, membuat OPPE untuk dokter spesialis dan KPI untuk perawat dan marketing, mengadakan pelatihan komunikasi efektif, membuat anggaran untuk pengadaan tab atau handphone dan pulsa untuk nurse station klinik spesialis serta anggaran untuk penambahan iklan, melakukan promosi melalui social media, membuat jadwal seminar awam, dan membuat prosedur pengadaan member.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 37/19 Ame u
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, loyalitas, harapan pelanggan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
AMELIANIM101714453002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. SupriyantoUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:18
Last Modified: 17 Dec 2019 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item