UPAYA PEMANFAATAN DOKUMEN DISTRICT HEALTH ACCOUNT DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA BERDASARKAN PENDEKATAN INNOVATION-ADOPTION MODEL DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN/KOTA JAWA TIMUR

INDRA DWI CAHYONO (2019) UPAYA PEMANFAATAN DOKUMEN DISTRICT HEALTH ACCOUNT DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA BERDASARKAN PENDEKATAN INNOVATION-ADOPTION MODEL DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN/KOTA JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 40 19 Cah u ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
TKA 40 19 Cah u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] Text
TKA 40 19 Cah u DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 40 19 Cah u.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Health Account merupakan tools yang dapat menggambarkan pembiayaan kesehatan di suatu wilayah. Proporsi anggaran kesehatan di luar gaji pada 24 Kabupaten/Kota di Jawa Timur masih kurang dari 10% tahun 2018. Sejumlah 6 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur memiliki proporsi belanja kegiatan langsung kesehatan yang kurang dari 67%. Selama tahun 2013 – 2018 tidak ada Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang memanfaatkan data hasil DHA dalam penyusunan rencana kerja. Tujuan penelitian adalah menyusun rekomendasi pemanfaatan dokumen DHA dalam penyusunan rencana kerja dinas kesehatan kabupaten/kota di Jawa Timur. Jenis penelitian ini deskriptif observasional, dengan rancang bangun crosssectional. Penelitian dilakukan di 38 dinas kesehatan kabupaten/kota di Jawa Timur dengan responden Kepala Sub Bagian Perencanaan dan staf yang menangani DHA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, motivasi dan pelatihan tentang DHA masih rendah. Dukungan pimpinan, peraturan daerah, ketersediaan anggaran untuk DHA, dokumen DHA, kualitas dokumen DHA Kabupaten/Kota di Jawa Timur masih kurang. Berdasarkan hasil mapping diketahui bahwa Kabupaten/Kota yang memiliki awareness terhadap DHA sebesar 97%, interest terhadap DHA sebesar 61%, melakukan evaluasi DHA sebesar 16%, dan melakukan trial menyusun dokumen DHA sebesar 5%. Tidak ada Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang melakukan adopsi terhadap pemanfaatan DHA. Pengetahuan tentang DHA, motivasi, pelatihan tentang DHA, dukungan pimpinan, peraturan daerah, ketersediaan anggaran untuk DHA, dokumen DHA, dan kualitas dokumen DHA yang baik akan meningkatkan tingkat awareness, interest, evaluation, trial, dan adoption terhadap pemanfaatan DHA. Rekomendasi untuk meningkatkan pemanfaatan dokumen DHA adalah pelatihan pemanfaatan DHA, penguatan peraturan daerah, monitoring dan evaluasi rutin setiap tahunnya. Beberapa hal juga yang masih perlu ditingkatkan adalah dukungan pimpinan, ketersediaan dokumen DHA, peningkatan kualitas dokumen DHA, ketersediaan anggaran DHA, evaluasi dokumen DHA dan memanfaatkan dokumen DHA dalam penyusunan Renja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 40/19 Cah u
Uncontrolled Keywords: District Health Account (DHA), Rencana Kerja (Renja), Innovation Adaption Model
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
INDRA DWI CAHYONONIM101714453043
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R.NIDN0011026501
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:39
Last Modified: 17 Dec 2019 08:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92744
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item