UPAYA PENINGKATAN KINERJA NON KEUANGAN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA BERDASARKAN 3 PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD

DEVITA TINTASARI (2019) UPAYA PENINGKATAN KINERJA NON KEUANGAN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA BERDASARKAN 3 PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 47 19 Tin u ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text
TKA 47 19 Tin u DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
TKA 47 19 Tin u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 47 19 Tin u.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah penurunan BOR Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya dari tahun 2016-2018 dengan rerata sebesar 50% masih dibawah standar ideal Juknis Sistem Informasi Rumah Sakit tahun 2011. Penurunan BOR merupakan salah satu indikator kinerja rumah sakit. BOR yang menurun di rumah sakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian ini adalah menyusun upaya peningkatan kinerja non keuangan instalasi rawat inap Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya melalui 3 perspektif balanced scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan crossectional, dan pendektan deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan dan pasien Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya. Hasil menunjukan bahwa kinerja non keuangan dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan belum memenuhi standar pada jumlah sumber daya manusia keperawatan (21 perawat), karena tidak sesuai dengan standar Peraturan Menteri Kesehatan nomor 56 tahun 2014 tentang perizinan dan klasifikasi rumah sakit. Perspektif proses bisnis internal terdiri dari kualitas pelayanan baik dengan sub variabel physical aspect baik (20,9%), reliability baik (20,7%), personal interaction dokter kurang (17,5%), personal interaction perawat baik (21,3%), problem solving dokter kurang (18,2%), problem solving perawat baik (21,8%), dan policy kurang (17,7%). Inovasi pelayanan baik dan efisiensi penggunaan tempat tidur sesuai (BOR 66,9%) dengan standar keputusan Menteri Kesehatan nomor 129 tahun 2008. Perspektif pelanggan yang terdiri dari kepuasan pasien baik (14,1%). Kepuasan karyawan pada hygiene factor baik (93,1%) dan motivation factor baik (94,8%). Hasil uji analitik menunjukan bahwa sub variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh adalah Personal Interaction dokter (p=0,000, b=0,319), problem solving perawat (p=0,003, b=0,218), dan policy (p=0,000, b=0,485). Manajemen Rumah sakit perlu melakukan peningkatan kinerja pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan menambah jumlah sumber daya manusia tenaga keperawatan di instalasi rawat inap Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 47/19 Tin u
Uncontrolled Keywords: Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pelanggan Kinerja Non Keuangan, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
DEVITA TINTASARINIM101714453013
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. SupriyantoNIDN0016094902
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:32
Last Modified: 18 Dec 2019 07:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item