MODEL MANAJEMEN DIRI LANSIA DENGAN HIPERTENSI UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN PENGOBATAN DAN KONTROL TEKANAN DARAH DI PUSKESMAS KOTA DENPASAR

TRIYANA PUSPA DEWI (2019) MODEL MANAJEMEN DIRI LANSIA DENGAN HIPERTENSI UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN PENGOBATAN DAN KONTROL TEKANAN DARAH DI PUSKESMAS KOTA DENPASAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 47 19 Dew m ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
TKP 47 19 Dew m DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
TKP 47 19 Dew m DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 47 19 Dew m.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan angka kematian di Asia Tenggara adalah kenaikan tekanan darah tidak terkontrol serta rendahnya tingkat kepatuhan terhadap program pengobatan. Proses pembentukan kebiasaan/perilaku kepatuhan tergambar dalam Theory of planned behaviour dan Self-Management Theory. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun model teoritik manajemen diri lansia dengan hipertensi di Puskesmas Kota Denpasar. Metode: Desain penelitian menggunakan explanative survey dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 210 lansia sebagai partisipan. Variabel independen berjumlah 21 dan variabel dependennya adalah manajemen diri. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner yang mengacu pada Constructing a Theory of Planned Behavior Questionnaire. Analisis dalam penelitin ini meliputi analisis deskriptif dan inferensial menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil: Sikap terhadap perilaku dan norma subjektif mendapatkan pengaruh yang kuat dari karakteristik personal, sedangkan kontrol perilaku yang dipersepsikan dipengaruhi oleh faktor sumber daya. Selanjutnya, faktor intensi sebagai dasar pengukuran tingkat keberhasilan manajemen diri mendapat pengaruh paling kuat dari kontrol perilaku yang dipersepsikan. Diskusi dan kesimpulan: Status kesehatan dalam penelitian ini tidak memberikan pengaruh signifikan dalam membentuk manajemen diri sehingga secara teori hasil ini dapat dikatakan bertentangan. Aspek status kesehatan masih perlu dilakukan analisis lebih mendalam untuk memperoleh hasil yang lebih spesifik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 47/19 Dew m
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, lansia, manajemen diri, theory of planned behaviour
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TRIYANA PUSPA DEWINIM131714153079
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi UtomoNIDN0022056510
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:12
Last Modified: 19 Dec 2019 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item