PENYUSUNAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BERDASARKAN ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL ORGANISASI, SISTEM MANAJEMEN, LINGKUNGAN KERJA, SUMBER DAYA MANUSIA DAN KEPUASAN KERJA (Studi di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo)

WAHIDAH RACHMANIYAH (2019) PENYUSUNAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BERDASARKAN ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL ORGANISASI, SISTEM MANAJEMEN, LINGKUNGAN KERJA, SUMBER DAYA MANUSIA DAN KEPUASAN KERJA (Studi di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 32 19 Rac p ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
TKA 32 19 Rac p DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
TKA 32 19 Rac p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 32 19 Rac p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Survei kepuasan di Rumah Sakit Citra Medika periode tahun 2017 dan tahun 2018 diperoleh hasil angka ketidakpuasan yang cukup tinggi. Angka komplain yang tinggi di Rumah Sakit Citra Medika terkait pelayanan (waktu tunggu serta ketepatan jadwal layanan) periode Januari-Desember 2017 sebesar 47,92% dan periode Januari-September 2018 sebesar 60,3%. Tujuan umum penelitian ini adalah menyusun strategi peningkatan kinerja berdasarkan analisis faktor eksternal, faktor sumber daya manusia, lingkungan kerja, sistem manajemen serta kepuasan kerja) di Rumah Sakit Citra Medika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan unit analisis 27 unit kerja dan sumber informasi adalah 27 kepala unit kerja, 26 dokter spesialis dan 210 karyawan. Pengukuran variabel penelitian menggunakan kuesioner. Hasil pengukuran faktor eksternal orgnanisasi menunjukkan bahwa kepala unit kerja dan dokter spesialis menilai Rumah Sakit Citra Medika lebih buruk daripada rumah sakit pesaing pada aspek sarana prasarana, sistem monitoring dan sistem evaluasi. Sistem monitoring pada aspek pelaksanan monitoring di unit kerja termasuk kategori sedang dan pada aspek perangkat monitoring adalah kategori buruk. Analisis ketersediaan sarana prasarana menunjukkan ketersediaan sarana alat kesehatan belum sesuai dengan Permenkes. Pemeliharaan alat kesehatan sesuai SPO rumah sakit, namun ada yang belum dikalibrasi sesuai standar Permenkes. Hasil pengukuran aspek pelaksanan evaluasi di unit kerja termasuk kategori sedang dan pada aspek perangkat evaluasi adalah kategori buruk. Faktor sumber daya manusia: (1) Gaya kepemimpinan kepala unit kerja adalah team leadership dan middle road leadership; (2) Kepala unit kerja memiliki tingkat komitmen tinggi, kecuali pada aspek sarana prasarana; (3) Kepala unit kerja memiliki motivasi kerja tinggi. Kepuasan kerja kepala unit kerja, dokter spesialis dan karyawan pada kategori kurang puas. Strategi peningkatan kinerja dengan pendekatan manajemen kinerja diperlukan guna memperbaiki kinerja kepala unit kerja dan karyawan sehingga tujuan kerja individu selaras dengan tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 32/19 Rac p
Uncontrolled Keywords: peningkatan kinerja, rumah sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
WAHIDAH RACHMANIYAHNIM101714453057
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly ChalidyantoNIDN0008117102
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:39
Last Modified: 19 Dec 2019 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item