PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN PERMAINAN ANTI-TOBACCO MONOPOLY TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PENCEGAHAN MEROKOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR

RINY PUJIYANTI (2019) PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN PERMAINAN ANTI-TOBACCO MONOPOLY TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PENCEGAHAN MEROKOK PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 50 19 Puj p ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
TKP 50 19 Puj p DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
TKP 50 19 Puj p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 50 19 Puj p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perilaku merokok pada anak sekolah dasar merupakan salah satu perilaku yang dapat menyebabkan masalah atau penyakit kronis pada usia dewasa, semakin muda usia merokok seseorang, maka semakin tinggi pula risiko menjadi perokok berat dan penyakit kronis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh student teams achievement division dan permainan Anti-Tobacco Monopoly terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan pencegahan merokok pada anak sekolah dasar. Metode: Rancangan penelitian menggunakan quasy experiment dengan populasinya yaitu siswa sekolah dasar (84 sekolah negeri), dengan menggunakan cluster sampling didapatkan populasi terjangkau sebanyak 4 sekolah dasar. Sampel yang digunakan adalah 136 siswa yang terdiri dari 34 siswa pada masingmasing kelompok. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel independen adalah STAD dan ATM. Variabel dependen yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan. Evaluasi (post-test) dilakukan 4 minggu setelah intervensi. Analisis data menggunakan uji Manova dengan tingkat signifikansi p < 0,005. Hasil: Hasil uji Manova diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok STAD, ATM, dan kombinasi dua intervensi terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan pencegahan merokok (p = 0,000). Berdasarkan nilai delta mean diperoleh bahwa kelompok kombinasi memliki pengaruh yang lebih besar terhadap pengetahuan (Δ = 4,823), sikap (Δ = 3,912), dan tindakan (Δ = 8,94). Kesimpulan: Intervensi STAD, ATM, dan kombinasi kedua intervensi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, serta merubah tindakan anak terhadap pencegahan merokok ke arah positif. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kombinasi STAD dan ATM memiliki pengaruh yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 50/19 Puj p
Uncontrolled Keywords: Anak sekolah dasar, pengetahuan, sikap, tindakan, pencegahan merokok, STAD, ATM
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
RINY PUJIYANTINIM131714153061
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi UtomoNIDN0022056510
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 06:54
Last Modified: 19 Dec 2019 06:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item