PERILAKU MENYIKAT GIGI DAN EARLY CHILDHOOD CARIES PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI KOMUNITAS MISKIN, KECAMATAN SEMAMPIR, KOTA SURABAYA

BERLIANA AYU PRAWESTI PERMATASARI (2019) PERILAKU MENYIKAT GIGI DAN EARLY CHILDHOOD CARIES PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI KOMUNITAS MISKIN, KECAMATAN SEMAMPIR, KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG. 109-19 Per p ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
KG. 109-19 Per p DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
KG. 109-19 Per p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG. 109-19 Per p BR.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Status sosio-ekonomi berbanding terbalik dengan status kesehatan secara umum. Semakin rendah status sosio ekonomi, maka semakin tinggi angka terjadinya suatu penyakit. Distribusi mengenai status karies pada anak usia 3-6 tahun pada komunitas miskin di Kecamatan Semampir, Kota Surabaya didapatkan rata-rata def-t sebesar 8,4 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan bahwa penilaian resiko karies harus dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan gigi sulung anak untuk memfasilitasi rencana pencegahan individual dan membahas strategi pencegahan dan manajemen dengan orang tua. Pada anakanak, perilaku kebersihan mulut didominasi oleh orang tua. Salah satu faktor resiko karies antara lain kebiasaan menyikat gigi. Paparan pasta gigi berfluoride yang digunakan ketika menyikat gigi dapat memaksimalkan efek pencegahan karies sebelum dan sesudah gigi erupsi. Tujuan: untuk mengetahui perilaku menyikat gigi dan early childhood caries pada anak usia 3-6 tahun di komunitas miskin, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan cross sectional. Prosedur kerja dengan memberikan lembar kuisioner penelitian kepada sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil: Kuisioner disusun berdasarkan caries risk assessment (CRA) yang dimodifikasi. Pada anak dengan diagnosis early childhood caries, 72% diantaranya memiliki perilaku menyikat gigi yang baik yang meliputi rutinitas dalam penggunaan pasta gigi, inisiatif menyikat gigi, kemandirian dalam menyikat gigi, frekuensi menyikat gigi, dan durasi dalam menyikat gigi. Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku menyikat gigi dan early childhood caries pada anak usia 3-6 tahun di komunitas miskin, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya (P=0.879).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 109-19 Per p
Uncontrolled Keywords: menyikat gigi, early childhood caries, anak, fluoride.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
BERLIANA AYU PRAWESTI PERMATASARINIM021611133032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSATITI KUNTARINIDN0018075504
Thesis advisorARDIANTI MAARTRINA DEWINIDN0014038304
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:18
Last Modified: 20 Dec 2019 03:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item