PENGEMBANGAN CLINICAL PATHWAY KLIEN CVA INFARK: DIAGNOSIS DAN INTERVENSI KEPERAWATAN BERBASIS SDKI DAN SIKI TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT

HANI RISKA ARIYANTI (2019) PENGEMBANGAN CLINICAL PATHWAY KLIEN CVA INFARK: DIAGNOSIS DAN INTERVENSI KEPERAWATAN BERBASIS SDKI DAN SIKI TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 69 19 Ari p ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
TKP 69 19 Ari p DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
TKP 69 19 Ari p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 69 19 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Clinical pathway merupakan konsep perencanaan pelayanan terpadu yang merangkum setiap langkah yang diberikan kepada klien berdasarkan standar pelayanan, standar asuhan keperawatan dan standar pelayanan tenaga kesehatan lainnya. Saat ini masih belum berbasis bukti dan hasil belum dapat diukur. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk menyusun pengembangan clinical pathway klien CVA infark: diagnosis dan intervensi keperawatan berbasis SDKI dan SIKI terhadap mutu pelayanan keperawatan. Metode: Desain penelitian adalah Research and Development dilaksanakan 2 tahap. Sampel tahap pertama adalah 122 rekam medis dan clinical pathway CVA infark dan 17 partisipan untuk kegiatan FGD. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, product moment pearson correlation test, Cronbach alpha dan uji Mann Whitney. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar isi pada instrumen clinical pathway CVA Infark belum sesuai standar akreditasi khususnya diagnosis dan intervensi keperawatan. Instrumen clinical pathway valid dan reliabel, hasil ujicoba pengisian instrumen clinical pathway seluruh responden (100%) memiliki kemampuan baik dan mutu instrumen 100% dinilai baik. Hasil uji mann whitney didapatkan perbedaan pelaksanaan asesmen risiko jatuh dan length of stay antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi. Pembahasan: Clinical pathway yang dikembangkan yaitu diagnosis keperawatan berbasis SDKI antara lain gangguan mobilitas fisik, risiko jatuh, gangguan komunikasi verbal dan risiko perfusi cerebral tidak efektif dan intervensi keperawatan berbasis SIKI antara lain dukungan mobilisasi, pencegahan jatuh, promosi komunikasi: defisit bicara dan manajemen peningkatan tekanan intrakranial. Penemuan baru yang diteliti adalah pengembangan clinical pathway klien CVA infark: diagnosis dan intervensi keperawatan berbasis SDKI dan SIKI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 69/19 Ari p
Uncontrolled Keywords: clinical pathway, diagnosis dan intervensi keperawatan, mutu pelayanan, CVA infark
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HANI RISKA ARIYANTINIM131714153066
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalamNIDN0025126601
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:51
Last Modified: 20 Dec 2019 03:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92962
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item