PENGGUNAAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PERSPEKTIF PELANGGAN DAN PERSPEKTIF PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH KB-TK/SD/SMP ISLAM AL-AZHAR SURABAYA

HAJAR RIZHA SOFIEYANTI, 040630850 (2011) PENGGUNAAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PERSPEKTIF PELANGGAN DAN PERSPEKTIF PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH KB-TK/SD/SMP ISLAM AL-AZHAR SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sofieyanti-16047-abstrak-p.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sofieyanti-12990-a10210-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan adalah aspek kehidupan yang dijalani oleh semua individu dimana setiap individu memiliki latar belakang dan pengalaman pendidikan yang berbeda. Lembaga pendidikan atau sekolah saat ini semakin banyak yang menawarkan berbagai macam program, sarana dan prasarana belajar mengajar yang mengakibatkan timbulnya situasi kompetitif antar sekolah. Penerapan Balanced Scorecard yang tepat sangat diperlukan bagi suatu sekolah untuk memberikan arah tujuan, mengidentifikasikan peluang-peluang yang ada guna mengembangkan usahanya, meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas sehinggga menghasilkan murid-murid yang siap dalam menghadapi tantangan masa depan serta untuk mengukur kinerjanya. Rumusan masalah yang diajukan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana mengukur kinerja perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada Sekolah KB-TK/SD/SMP Islam Al-Azhar Surabaya dengan menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus, dimana sesuai dengan pertanyaan yang pertama kali timbul yaitu “bagaimana” menerapkan Balanced Scorecard pada sekolah. Ruang lingkup penelitian ini hanya membahas penerapan Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja Sekolah Islam AL-Azhar Surabaya dengan menggunakan dua perspektif saja yaitu perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data yang digunakan adalah data perimer dan data sekunder, dimana analisa awal telah dilakukan pada tahap survey yang menghasilkan informasi bahwa Sekolah Islam Al-Azhar Surabaya belum menggunakan Balanced Scorecard untuk melakukan pengukuran kinerjanya. Perspektif pelanggan merupakan perspektif yang terpenting yang diikuti dengan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pada perspektif pelanggan memiliki 3 (tiga) ukuran hasil serta ukuran pemacu kinerjanya, sedangkan perspektif pembelajran dan pertumbuhan memiliki 2 (dua) ukuran hasil serta ukuran pemacu kinerjanya. Secara keseluruhan kinerja Sekolah Islam Al-Azhar Surabaya baik bila menggunakan Balanced Scorecard, namun ada beberapa ukuran hasil yang perlu ditingkatkan kinerjanya sehingga mampu bertahan dalam menghadapi situasi yang kompetitif saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 102/10 Sof p
Uncontrolled Keywords: PERSONAL MANAGEMENT STRATEGY PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB135-147 Mathematical economics. Quantitative methods
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
HAJAR RIZHA SOFIEYANTI, 040630850UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIKA ATMA KURNIAWANTI, SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 04 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 07:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item