ANALISIS KEPUASAN KERJA PERAWAT PADA INTERNAL SERVICE QUALITY DI RUMAH SAKIT (Studi RSUD Dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek)

MAHARDIKA PUTRI KAONANG (2019) ANALISIS KEPUASAN KERJA PERAWAT PADA INTERNAL SERVICE QUALITY DI RUMAH SAKIT (Studi RSUD Dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 76 19 Kao a ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
TKP 76 19 Kao a DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
TKP 76 19 Kao a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 76 19 Kao a.pdf
Restricted to Registered users only until 23 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kepuasan kerja merupakan indikator kondisi fisik dan psikologis perawat. Rumah sakit ingin memberikan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan eksternal, harus memberikan kualitas pelayanan internal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan perawat pada internal service quality di RSUD Dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek. Metode: Desain penelitian adalah cross sectional. Sampel yaitu 172 perawat. Variabel meliputi karakteristik perawat, internal service quality, dan kepuasan kerja perawat. Analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil: Hasil penelitian ini yaitu tools (p = 0,039; β = 0,146), teamwork (p = 0,018; β = 0,185), management support (p = 0,034; β = 0,170), communication (p = 0,001; β = 0,231), reward and recognition (p = 0,000; β = 0,296) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat. Police and procedures (p = 0,427; β = -0,058), goal alignment (p = 0,138; β = -0,105), training (p = 0,909; β = -0,009) tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Karakteristik perawat (usia, jenis kelamin, status perkawinan, tingkat pendidikan, masa kerja, dan status kepegawaian) memiliki nilai p>0,05, sehingga tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Namun ruangan kerja (p<0,05) berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat. Kesimpulan: Internal service quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja yaitu tools, teamwork, management support, communication, rewards and recognition. Sedangkan policies and procedures, goal alignment, training tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Karakteristik perawat yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja yaitu ruangan kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 76/19 Kao a
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, internal service quality, perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MAHARDIKA PUTRI KAONANGNIM131714153030
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus SupriyantoNIDN0016094902
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Dec 2019 00:41
Last Modified: 23 Dec 2019 00:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item