PENGARUH AKUPUNKTUR TELINGA TERHADAP IMT (Indeks Massa Tubuh) DAN LINGKAR PERUT PADA WANITA DENGAN KELEBIHAN BERAT BADAN

Muhammad Chairul Ramadhan (2019) PENGARUH AKUPUNKTUR TELINGA TERHADAP IMT (Indeks Massa Tubuh) DAN LINGKAR PERUT PADA WANITA DENGAN KELEBIHAN BERAT BADAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FV.PT.03-19 Ram p abstrak.pdf

Download (273kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV.PT.03-19 Ram p daftar isi.pdf

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV.PT.03-19 Ram p daftar pustaka.pdf

Download (292kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV.PT.03-19 Ram p full text.pdf
Restricted to Registered users only until 23 December 2022.

Download (576kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kegemukan adalah suatu kondisi berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan yang kemudian menurunkan harapan hidup bahkan meningkatkan masalah kesehatan. Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan pengukuran yang membandingkan berat dan tinggi badan yang dimana seseorang dikatakan normal jika Indeks Massa Tubuh 18.5 – 24.9.Akupunktur telinga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi akupunktur telinga terhadap IMT dan lingkar perut pada wanita dengan kelebihan berat badan. Desain penelitian kuasi eksperimental, one group pretest-posttest design. Sampel adalah wanita berusia 20 – 25 dengan Indeks massa tubuh di atas 24.9. terapi akupunktur telinga diberikan selama 4 minggu dengan frekuensi 2 kali seminggu. Analisis data menggunakan uji T berpasangan dengan α=0,005. Hasil penelitian menunjukan rata – rata penurunan berat badan setelah diberikan perlakuan akupunktur telinga adalah 1.4 kg dan lingkar perut 5.1 cm. hasil uji T berpasangan menunjukkan signifikansi (p) = <0,025 Kesimpulan , terapi akupunktur telinga pada titik lapar, lambung, endokrin dan shenmen berpengaruh terhadap penurunan berat badan dan lingkar perut. Tenaga kesehatan khususnya pengobat tradisional dapat menjadikan terapi akupunktur telinga sebagai alternatif untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan pada wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV.PT.03/19 Ram p
Uncontrolled Keywords: Akupunktur telinga, lingkar perut, berat badan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Pengobatan Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Chairul RamadhanNIM151410483013
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjitra WardaniUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 13 Feb 2020 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93091
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item