HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG DI INSTALASI RADIOLOGI

ZEILA FIQY NURAVIANTI (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG DI INSTALASI RADIOLOGI. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
KKA KK FV.RD.35-19 Nur h ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKA KK FV.RD.35-19 Nur h DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKA KK FV.RD.35-19 Nur h DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK FV.RD.35-19 Nur h FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.ijphrd.com

Abstract

Mutu pelayanan akan dirasakan berkualitas oleh para pelanggannya jika penyampaiannya dirasakan melebihi harapan dan pengguna layanan. Salah satu cara untuk mengukur sebuah kualitas mutu pelayanan adalah dengan mengetahui persepsi tentang jasa pelayanan tersebut dari kaca mata seorang pelanggan. Mutu pelayanan yang baik akan memuaskan pelanggan dan membuat pelanggan akan kembali lagi memanfaatkan pelayanannya. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa sebanyak 58% pasien menyatakan puas dan 42% lainnya menyatakan cukup puas. Pasien yang menyatakan cukup puas menandakan adanya kekurangan dari segi pelayanan dan akan berdampak pada minat kunjungan ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah systematic random sampling dan sampel minimal sebesar 225 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung) dengan minat kunjungan ulang. Dengan nilai uji statistik masing masing mutu pelayanan adalah kehandalan (Pvalue=0,000), daya tanggap (Pvalue=0,000), jaminan (Pvalue=0,000), empati (Pvalue=0,000) dan bukti langsung (Pvalue=0,000). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo. Saran bagi rumah sakit yaitu meningkatkan mutu pelayanan dengan cara penambahan petugas registrasi lebih dari satu orang, penentuan waktu maksimum dalam memberikan pelayanan, peningkatan komunikasi antara radiografer dengan pasien, peningkatan keramahan petugas registrasi dan penyediaan tempat kritik dan saran di Instalasi Radiologi guna meningkatan persepsi baik pasien tentang mutu pelayanan sehingga meningkatkan minat kunjungan ulang di Instalasi Radiologi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.RD.35/19 Nur h
Uncontrolled Keywords: satisfaction, quality service, revisiting interest.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
ZEILA FIQY NURAVIANTINIM151510383036
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih DamayantiNIDN0019118802
Thesis advisorAmillia KartikasariNIDN000
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Dec 2019 05:52
Last Modified: 26 Dec 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item