DISCOURSE TECHNOLOGIST PRAKTISI PUBLIC RELATIONS TENTANG PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY INDUSTRI PERTAMBANGAN BATU BARA DI KALIMANTAN TIMUR

RINA JUWITA (2019) DISCOURSE TECHNOLOGIST PRAKTISI PUBLIC RELATIONS TENTANG PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY INDUSTRI PERTAMBANGAN BATU BARA DI KALIMANTAN TIMUR. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (140kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Public Relations (PR) dan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan konsep yang terus berkembang dan beragam sehingga tidak ada satupun definisi tunggal yang dapat menggambarkan kedua fenomena tersebut. Definisi yang beragam dari kedua konsep tersebut sangat jelas digambarkan dalam berbagai literatur dan wacana akademik. Selain itu, praktik PR dan CSR juga dimanifestasikan dalam berbagai bentuk dan cara yang bervariasi dari satu wilayah dengan wilayah lainnya, atau dari satu industri dengan industri lainnya. Lansekap sosial-ekonomi, politik dan budaya dimana perusahaan beroperasi juga memberikan pengaruh besar terhadap praktik PR dan perkembangan inisiatif CSR. Terlepas dari kompleksitas kedua praktik tersebut, para ilmuwan kritis juga menyatakan bahwa CSR acapkali menjadi alat bagi praktik PR sebagai discourse technologist yang acapkali digunakan sebagai bagian dari strategi bisnis korporasi. Dengan menggunakan metode penelitian analisis wacana Foucauldian, penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur dengan mengambil subjek penelitian industri pertambangan batubara. Temuan penelitian menyatakan bahwa praktik PR sebagai discourse technologist terkait wacana CSR sangat dipengaruhi oleh dimensi sosial-politik, ekonomi dan budaya dimana perusahaan tersebut beroperasi dimana PR berfungsi dominan mempromosikan dan menjadi penasehat ahli demi menjaga reputasi dan meraih lisensi sosial untuk beroperasi. Produksi dan sirkulasi wacana CSR yang dimiliki oleh perusahaan juga nampak jelas digunakan sebagai alat komunikasi oleh para praktisi PR sebagai bagian dari strategi hegemoni yang dipraktikkan dalam proses wacana teknolognya demi merebut kekuasaan dan negosiasi aliansi antara perusahaan, negara dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK Dis S 12/19 Juw d
Uncontrolled Keywords: public relations, CSR, coal mining industry, discourse technologist
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Sosial
Creators:
CreatorsNIM
RINA JUWITANIM071417047308
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSTA INNIDN0020016006
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2019 08:37
Last Modified: 26 Dec 2019 08:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item