Political Branding Samsul Arifin Dalam Pemilihan Kepala Desa Tambakboyo Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun 2018

Muhammad Iqbal Firmansyah (2019) Political Branding Samsul Arifin Dalam Pemilihan Kepala Desa Tambakboyo Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
Fis.P.90-19 Fir p abstrak.pdf

Download (931kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Fis.P.90-19 Fir p daftar isi.pdf

Download (368kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Fis.P.90-19 Fir p daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.P.90-19 Fir p full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2022.

Download (895kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini membahas mengenai strategi brand politik dan strategi komunikasi brand politik yang dilakukan Samsul Arifin pada pemilihan kepala desa Tambakboyo tahun 2018. Skripsi ini ditulis karena adanya calon kepala desa termuda di Kabupaten Sukoharjo yang memenangkan pemilihan kepala desa tahun 2018 melawan petahana yang sudah dua periode memimpin. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dengan Samsul Arifin dan Koordinator tim Samsul yang dianalisis menggunakan teori political branding strategies milik Lorann Downer. Temuan studi ini diantaranya Samsul mem-branding-kan diri sebagai pemuda yang siap mengubah pemerintahan desa yang telah rusak di periode sebelumnya. Brand politik tersebut diterjemahkan dalam beberapa hal yaitu visi dan misi untuk menyejahterakan warga desa dengan gotong royong, melayani masyarakat, serta transparan dan akuntabel dalam keuangan. Kemudian ada slogan seperti “Revolusi Mental”, “Tambakboyo BISA”, “Bersatu untuk Maju”, “TAMBAKBOYO S1AP MENGANTARMU MENUJU ISTANA”, dan simbol warna merah. Brand politik tersebut disampaikan kepada pemilih dengan cara kerja sama dengan RT dalam pengangkatan Samsul sebagai calon kepala desa, pengondisian pemuda terhadap orang tua masing-masing, sosialisasi di perkumpulan RT, meminta do’a restu kepada warga dusun I, orasi saat pendaftaran, pembentukan tim sayap Samsul, mengantisipasi serangan fajar, penggunaan MMT dan pembuatan kaos yang bertujuan untuk mengidentifikasi pihak mana saja yang berada di kubu Samsul. Brand politik tersebut harus diimplementasikan sesuai konsep agar citra calon tidak rusak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.90/19 Fir p
Uncontrolled Keywords: Brand Politik, Pilkades, Pemerintahan Desa, Calon Kepala Desa.
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Iqbal FirmansyahNIM071511333053
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti Budi HendarartiNIDN0027096101
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 18 Feb 2020 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item