PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAS PADA TIKUS WISTAR YANG DIBERI BAKTERI PORPHYROMONAS GINGIVALIS SETELAH PEMBERIAN KURKUMIN 1%

MIRANTI KUSUMA WARDHANI (2019) PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAS PADA TIKUS WISTAR YANG DIBERI BAKTERI PORPHYROMONAS GINGIVALIS SETELAH PEMBERIAN KURKUMIN 1%. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG. 229-19 War p ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
KG. 229-19 War p DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
KG. 229-19 War p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG. 229-19 War p BR.pdf
Restricted to Registered users only until 30 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Penyakit periodontal merupakan sebuah inflamasi kronis bakteri yang disebabkan oleh aktifitas bakteri dan akumulasi plak. Periodontitis merupakan inflamasi kronis yang merusak jaringan periodontal. Periodontitis biasa disebabkan oleh bakteri P. Gingivalis. Bertambahnya jumlah sel fibroblas dapat dijadikan sebagai parameter terjadinya proses penyembuhan kerusakan jaringan. Fibroblas membentuk ekstraseluler matriks dan serabut kolagen untuk mendukung terjadinya pembentukan tulang baru yang lebih efektif. Kurkumin memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan kerusakan jaringan. Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan jumlah fibroblas pada gingiva tikus wistar setelah pemberian kurkumin 1%. Metode : Penelitian ini menggunakan 27 ekor tikus wistar yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok normal yang tidak memberikan dampak pada gingiva, kelompok kontrol yang diteteskan bakteri P. Gingivalis sebanyak 0,03 ml, dan kelompok perlakuan yang dilakukan yang diteteskan bakteri P. Gingivalis sebanyak 0,03 ml dan diteteskan cairan kurkumin 1%. Daerah yang terinflamasi dilakukan pada sulkus gingiva insisif kiri. Proses pengumpulan data menggunakan mikroskop cahaya dengan pembesaran 400 kali. Data pada penelitian ini menggunakan Saphiro Wilk dan Levene Test kemudian dilakukan uji one way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Hasil : hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada jumlah fibroblas. Kelompok perlakuan memiliki jumlah fibroblas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan : Pemberian kurkumin dapat meningkatkan jumlah sel fibroblas pada tikus yang terinflamasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 229-19 War p
Uncontrolled Keywords: fibroblas, kurkumin, penyakit periodontal, periodontitis
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MIRANTI KUSUMA WARDHANINIM021611133072
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAGUNG KRISMARIONO, -NIDN0007036801
ContributorNOER ULFAH, -NIDN0010106006
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:41
Last Modified: 30 Dec 2019 03:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item