JUMLAH FIBROBLAS DAN PEMBULUH DARAH BARU PADA LUKA PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR SETELAH PEMBERIAN BOVINE AMNION SPONGE

TABITA IMANIAR FAADHILA (2019) JUMLAH FIBROBLAS DAN PEMBULUH DARAH BARU PADA LUKA PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR SETELAH PEMBERIAN BOVINE AMNION SPONGE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG 199 19 Faa j ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
KG 199 19 Faa j DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
KG 199 19 Faa j DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 199 19 Faa j.pdf
Restricted to Registered users only until 6 January 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Proses penyembuhan luka pasca pencabutan adalah proses biologis yang normal terjadi pada tubuh manusia sebagai respon dari terjadinya luka. Pada fase proliferasi, proliferasi fibroblas di stimulasi oleh TGF-β dan FGF. Selain itu, sel sel endotel yang berada pada venula akan di stimulasi oleh VEGF untuk membentuk pembuluh darah baru. Saat ini telah banyak biomaterial yang dapat digunakan dalam mempercepat proses penyembuhan luka, salah satunya menggunakan bovine amnion sponge yang mengandung beberapa faktor pertumbuhan, seperti Vascular endothelial growth factor (VEGF), Transforming growth factor (TGF -α dan TGF – β), fibroblast growth factor (FGF) yang memiliki peran penting dalam proses fisiologis yang mengarah pada penyembuhan luka normal dan regenerasi jaringan. Metode: 24 tikus wistar dilakukan ekstraksi gigi. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok kontrol (K) dan kelompok perlakuan (P) dengan pemberian bovine amnion sponge. Data dianalisis menggunakan uji statistik menggunakan One-way ANOVA dan dilanjutkan uji Turkey HSD untuk mengetahui perbedaan masing-masing kelompok perlakuan. Hasil: Jumlah fibroblas pada luka pasca pencabutan gigi tikus wistar setelah diberi bovine amnion sponge pada hari ke 3, 7 dan 14 mengalami peningkatan. Jumlah pembuluh darah baru pada luka pasca pencabutan gigi tikus wistar setelah diberi bovine amnion sponge pada hari ke 3 dan ke 7 mengalami peningkatan, sedangkan pada hari ke 14 tidak didapatkan peningkatan. Kesimpulan: Jumlah fibroblas pada luka pasca pencabutan gigi tikus kelompok perlakuan hari ke 3, 7 dan 14 mengalami peningkatan. Jumlah pembuluh darah baru pada luka pasca pencabutan gigi tikus wistar kelompok perlakuan hari ke 3 dan ke 7 mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 199/19 Faa j
Uncontrolled Keywords: fibroblas, pembuluh darah baru, pencabutan gigi, bovine amnion sponge
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
TABITA IMANIAR FAADHILANIM021611133105
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElly MunadzirohNIDN0009086102
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Jan 2020 01:46
Last Modified: 06 Jan 2020 01:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item