PELAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI INFORMASI BAGI MANAJEMEN DALAM UPAYA PENGENDALIAN KUALITAS PADA DIVISI TEMPA DAN COR PT PINDAD (PERSERO)

ANGGIA DEWI PERMATA SARI, 040419216 (2011) PELAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI INFORMASI BAGI MANAJEMEN DALAM UPAYA PENGENDALIAN KUALITAS PADA DIVISI TEMPA DAN COR PT PINDAD (PERSERO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sarianggia-13445-a10810-p.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sarianggia-13445-a10810-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk berkualitas adalah produk yang mendapat kepercayaan dari konsumen karena nilai lebih yang diberikan pada mereka. Dalam era globalisasi ini para produsen berusaha meningkatkan daya saing produk yang berkualitas secara terus-menerus baik dari segi fitur, desain, kemasan, dan sebagainya sehingga dapat bersaing dalam pasar global serta berkembang ke arah industri yang maju dan profesional. Usaha-usaha ini juga harus diikuti dengan efisiensi biaya dalam upaya pengendalian kualitas produknya. Penelitian ini dilaksanakan pada Divisi tempa dan Cor PT PINDAD (Persero) Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Perusahaan telah berusaha menjaga mutu kualitas produknya seperti yang tercantum dalam kebijaksanaan perusahaan, tetapi belum secara khusus mengidentifikasikan, membuat laporan, dan mengendalikan biaya kualitas sehingga berakibat kurang mengetahui secara pasti masalah-masalah yang berhubungan dengan kualitas. Setelah dilakukan penelitian dan penyusunan laporan biaya kualitas, maka diperoleh hasil bahwa persentase biaya kualitas berdasarkan penjualan aktualnya mengalami penurunan tiap tahunnya. Ini merupakan indikasi yang baik dalam upaya perusahaan untuk mengendalikan kualitas. Penurunan persentase ini juga harus dijadikan acuan bagi manajemen dalam upaya pengendalian kualitas secara berkesinambungan hingga mencapai tingkat yang paling ideal sebesar 2,5% dari penjualan aktualnya. Manajemen dapat menggunakan laporan biaya kualitas ini untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana pengeluaran biaya yang terkait dengan kualitas sehingga upaya pengendalian kualitas dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB A 108/10 Sar p
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ANGGIA DEWI PERMATA SARI, 040419216UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMURDIYATI DEWI, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 12 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item