Posttraumatic Growth Pada Family Caregiver Lansia Penderita Demensia

Darmawan Budhiarto Jonathan (2019) Posttraumatic Growth Pada Family Caregiver Lansia Penderita Demensia. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (365kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (31kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (77kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (27kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (289kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penuaan merupakan proses alamiah yang dialami oleh semua manusia. Seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup, lansia semakin rentan mengidap penyakit/gangguan. Salah satu gangguan yang dapat diderita lansia adalah demensia. Lansia membutuhkan perawatan khusus yang dapat diberikan oleh anggota keluarga (family caregiver). Menjalani peran sebagai family caregiver lansia penderita demensia merupakan sebuah tantangan yang sangat berat. Beban perawatan dapat menjadi sumber pengalaman traumatis bagi family caregiver. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posttraumatic growth pada family caregiver lansia penderita demensia. Posttraumatic growth adalah perubahan postif yang dialami individu sebagai akibat dari perjuangan menghadapi pengalaman traumatis. Tahapan posttraumatic growth terdiri dari ruminasi otomatis, pengelolaan dan penurunan distress, dan ruminasi terarah. Gambaran posttraumatic growth ditunjukkan dalam 5 dimensi, yaitu hubungan dengan orang lain, kekuatan personal, kemungkinan-kemungkinan baru, perubahan kehidupan spiritual dan penghargaan terhadap hidup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus instrumental. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan analisis data dilakukan dengan analisis tematik. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 family caregiver berusia diatas 21 tahun yang sedang merawat lansia penderita demensia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek mengalami tahap ruminasi otomatis, pengelolaan dan penurunan distress, dan ruminasi terarah untuk mencapai posttraumatic growth meskipun terdapat tahap-tahap yang belum dapat tercapai dengan sempurna. Dukungan sosial dan pengetahuan akan perawatan demensia berpengaruh penting dalam proses mencapai posttraumatic growth. Ketiga subjek juga menunjukkan perubahan positif, yaitu memiliki hubungan yang lebih dekat dengan keluarga, memiliki empati yang lebih tinggi, menyadari kekuatan personal, memiliki aktivitas serta minat baru, merasa semakin dekat dengan Tuhan, meningkatkan ritual keagamaan, dan memiliki motivasi untuk menjadi individu yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK PSI 05/20 Jon p
Uncontrolled Keywords: Posttraumatic Growth, Family Caregiver, Lansia penderita
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Darmawan Budhiarto JonathanNIM111511133206
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHAMIDAHNIDN0020056510
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:17
Last Modified: 03 Feb 2020 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item