PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DAN PRODUKTIVITAS PADA PT ANEKACOOL CITRATAMA DI SURABAYA

ARIE WINDA YULIA, 040630914 (2011) PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DAN PRODUKTIVITAS PADA PT ANEKACOOL CITRATAMA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yuliaariew-13456-a13010-p.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yuliaariew-13456-a13010-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan kualitas merupakan suatu hal yang paling esensial bagi suatu perusahaan untuk tetap eksis dalam dunia bisnis yang kompetitif ini. Kini sudah bukan jamannya lagi perusahaan hanya mementingkan volume yang begitu besar, tetapi lebih berorientasi pada aspek kepuasan konsumen. Dengan adanya kemampuan perusahaan untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen yang membeli produknya maka secara otomatis perusahaan akan mencapai keuntungan yang maksimal. Salah satu cara agar perusahaan memiliki keunggulan atau nilai lebih daripada pesaingnya adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan mengeluarkan biaya seefisien mungkin. Perusahaan perlu mengidentifikasi besarnya biaya kualitas (kerugian yang muncul akibat barang yang dihasilkan menyimpang dari standar). Apabila biaya kualitas yang muncul tersebut tampak dalam catatan akuntansi perusahaan, maka perusahaan akan lebih mudah melakukan pengendalian, tetapi apabila biaya kualitas tersebut sifatnya tersembunyi, maka akan lebih sulit untuk melakukan pengendalian dan estimasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengendalian biaya kualitas dengan upaya peningkatan efisiensi biaya dan produktivitas pada PT Anekacool Citratama. Dari hasil pengamatan, ternyata dalam aktivitas produksinya perusahaan masih sering melakukan kesalahan berupa produk cacat atau rusak. Demikan pula dari hasil analisis data dan pembahasan yang ada, terlihat bahwa biaya kualitas yang terjadi dalam perusahaan belum menunjukkan tingkat biaya kualitas yang optimal. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi adalah dengan metode survei, dalam hal ini dilakukan wawancara dengan pimpinan serta karyawan perusahaan yang ditunjuk untuk memberikan keterangan yang diperlukan, juga metode dokumentasi dan observasi. Perusahaan hendaknya menggunakan konsep zero defect sebagai pedoman untuk mengendalikan biaya kualitasnya. Dengan tercapainya pengendalian biaya yang optimal, diharapkan akan membawa dampak terhadap upaya peningkatan efisiensi biaya dan produktivitas yang pada akhirnya akan mempengaruhi profitabilitas serta kemampuan bersaing perusahaan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB A 130/10 Yul p
Uncontrolled Keywords: QUALITY CONTROL COST ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ARIE WINDA YULIA, 040630914UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSEDIANINGSIH, Dr., SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 12 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/941
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item