Perbedaan Penilaian Antara Glassgow Coma Scale Dengan Full Outline Unresponsiveness Score Pada Pasien Cedera Otak Traumatik

Wahyu Mananda (2014) Perbedaan Penilaian Antara Glassgow Coma Scale Dengan Full Outline Unresponsiveness Score Pada Pasien Cedera Otak Traumatik. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (JUDUL)
1. JUDUL.pdf

Download (46kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
10. BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Penelitian: Pasien dengan cedera otak traumatic (COT) sering didapatkan petugas kesehatan. Penilaian kesadaran Glassgow Coma Scale (CGS) telah menjadi gold standard, muncul pemeriksaan kesadaran yang lain yaitu Full Outline Unresponsiveness Score (FOUR) sejak dipublikasikan 2004 tetap tidak dapat menggantikan CGS. Padahal pada FOUR dilengkapi dengan pemeriksaan reflek batang otak dan pola nafas. Pada penelitian ni akan dilihat perbedaan penilaian antara CGS dengan FOUR pada Pasien Cedera Otak Traumatik serta bagaimana korelasi dan lama pemeriksaannya. Metode Penelitian: Penelitian yang dilakukan berupa analitik observasional dengan disain cross sectional dengan subyek penelitian semua pasien cedera kepala yang datang dalam 24 jam setelah trauma ke instalasi gawat darurat RSUD dr Soetomo Surabaya. Dua belas penderita dilakukan penilaian dan dokumentasi. Selanjutnya hasil penelitian yang diperoleh dilakukan uji analisi statistic menggunakan uji korelasi Spearman untuk mengetahui korelasi. Sedangkan untuk lama pemeriksaan akan dilakukan uji analistis statistic sampel t berpasangan. Hasil Penelitian: dari hasil penelitian diperoleh korelasi yang kuat yaitu (p = .002) antar skor FOUR dan GCS yang menunjukkan mempunyai korelasi yang positif artinya semakin tinggi skor GCS akan semakin tinggi skor FOUR demikian juga sebaliknya. Pada perbedaan waktu pemeriksaan digunakan uji t sampel berpasangan dengan nilai signifikansi (p = .000) yang artinya pemeriksaan FOUR membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan skor GCS. Simpulan: Terdapat perbedaan antara penilaian skor FOUR dan skor GCS yang merupakan gold standard sebagai instrument penelitian kesadaran penderita cedera otak sedang-berat pada pasien COT di ruang resusitasi RSUD dr Soetomo tetapi mempunyai korelasi yang positif artinya semakin tinggi skor GCS akan semakin tinggi skor FOUR demikian juga sebaliknya dan perbedaan lama pemeriksaan dimana pada skor FOUR memerlukan waktu yang lebih lama daripada skor GCS. Kata kunci: Cedera Otak Traumatik (COT), Glassgow Coma Scale (GCS), Full Outline Unresponsiveness Score (FOUR).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cedera Otak Traumatik (COT), Glassgow Coma Scale (GCS), Full Outline Unresponsiveness Score (FOUR).
Subjects: Q Science > QP Physiology > P351-495 Neurophysiology and neuropsychology
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu ManandaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Chasnak SholehUNSPECIFIED
Thesis advisorPuger RahardjoUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:36
Last Modified: 29 Sep 2020 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item