Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Kartu Debit Terkait Pembebanan Biaya Tambahan Pada Mesin Edc (Electronic Data Captured)

Lana Almira Luthfiana Istiqlal (2019) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Kartu Debit Terkait Pembebanan Biaya Tambahan Pada Mesin Edc (Electronic Data Captured). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (424kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (392kB)
[img] Text
5. BAB II PELANGGARAN HAK KONSUMEN TERKAIT PEMBEBANAN BIAYA TAMBAHAN PADA MESIN EDC (Electonic Data Captured) .pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III UPAYA HUKUM KONSUMEN PENGGUNA KARTU DEBIT AKIBAT PEMBEBANAN BIAYA TAMBAHAN OLEH MERCHANT PADA MESIN ELECTRONIC DATA CAPTU.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR BACAAN .pdf

Download (339kB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Kartu Debit Tekait Pembebanan Biaya Tambahan Pada Mesin EDC (Electronic Data Captured)”, metode penulisan yang digunakan bersifat normatif, dengan menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual. Rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan ini adalah: (1) Apakah pembebanan biaya transaksi pada mesin EDC (Electronic Data Captured) kepada konsumen pengguna kartu debit melanggar hak konsumen di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, (2) Upaya yang dapat dilakukan konsumen pengguna kartu debit akibat adanya kerugian yang timbul setelah melakukan transaksi pembayaran di mesin EDC (Electronic Data Captured). Dari penelitian hukum yang telah dilakukan dapat disimpulkan pada rumusan masalah pertama terdapat hak-hak konsumen pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang dilanggar jika konsumen dibebankan biaya tambahan oleh merchant, menurut Pasal 8 ayat (2) Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009, dan Surat Edaran Nomor 11/10/DASP/2009 merchant tidak diperbolehkan untuk mengalihkan beban biaya tambahan kepada konsumen, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua terkait upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen jika dikenakan biaya tambahan oleh merchant yaitu dapat melakukan pengaduan nasabah melalui layanan pengaduan nasabah yang telah disediakan oleh bank, jika tidak berhasil dapat mengajukan penyelesaian sengketa ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yaitu Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 66/20 Ist p
Uncontrolled Keywords: Additional Fee, EDC (Electronic Data Capture) Machine, Consumer Protection Law.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Lana Almira Luthfiana IstiqlalNIM031611133066
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Purnama AnugerahNIDN'0015098103
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2020 08:42
Last Modified: 12 Feb 2020 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item