Pemanfaatan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Pariwisata Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya )

Andhika Patria Tamtama Putra (2019) Pemanfaatan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Pariwisata Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya ). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (577kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (622kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRESTASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (843kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Media Sosial saat ini telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya pada Kalangan Mahasiswa, Media Sosial sendiri memiliki beberapa jenis, Karakteristik dan Fungsi yang membuat hal tersebut menjadi ciri khas yang berbeda dari teknologi digital yang lain. Hubungan antar Teknologi Media Sosial ini sangat berguna dan berperan penting terutama tentang bidang Kepariwisataan di Indonesia karena Media Sosial saat ini sangat berkontribusi seperti Memberi Informasi seputar Obyek Wisata, Tranpsortasi, Restoran/Caffe, ataupun Penginapan/Akomodasi, dan juga Media Sosial berperan dalam mempromosikan Suatu destinasi wisata atau hal - hal yang berkaitan tentang kepariwisataan. Terutama Pihak yang saat ini berkontribusi dalam peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan dalam negeri berasal dari wisatawan muda, Wisatawan Muda ini termasuk paada kalangan Pelajar hingga Mahasiswa, Mereka ikut berkontribusi menjadi wisatawan muda, Pada hal ini Mahasiswa yang dimaksud adalah Mahasiswa dari Uuniversitas Airlangga Surabaya dari berbagai fakultas (kecuali Magister dan Unair PDD Banyuwangi), dan Mahasiswa yang berasal dari Jenjang Studi Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Hingga Strata 1(S1). Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan koresponden Melalui pembagian Kuesioner sejumlah 150 Orang Mahasiswa Universitas Airlangaa dari berbagai Fakultas dan berlokasikan di Universitas Airlangga Surabaya. Dengan maksud melihat Jenis Media Sosial, Karateristik, dan Fungsi dari Media sosial tersebut. Dan Juga memahami kebutuhan informasi seperti apa yang dibutuhkan dan apa yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Airlangga dalam menggunakan Media Sosial. Untuk menjawab permasalahan tentang Pemanfaatan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Unair ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu Jenis Media sosial yang digunakan Mahasiswa sebagai sumber informasi pariwisata dan Bagaimana Peranan Media Sosial, Sebagai media Informasi Pariwisata bagi Mahasiswa. Didalam sub bagian yang membahas jenis media sosial yang digunakan mahasiswa terdapat Jenis, Karakteristik , dan Fungsi Media Sosial, dan Pada sub bagian yang membahas tentang peranan media sosial membahas tentang kebutuhan informasi yang berkaitan dengan media sosial, baik itu Kebutuhan Kognitif, Kebutuhan Afektif, Kebutuhan Integrasi Personal, Kebutuhan Integrasi Sosial, dan Kebutuhan Berkhayal. Yang pada akhirnya mendapat beberapa hasil bahwasannya Mahasiswa menggunakan jenis media sosial baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun mencari informasi Pariwisata dan mayoritas Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya menggunakan media sosial berupa Instagram, Lalu rata - rata lama mahasiswa menggunakan media sosial adalah lebih dari 4 tahun, alasan Mahasiswa Universitas Airlangga menggunakan media sosial rata rata untuk berkomunikasi dengan Keluarga/Kerabat/Teman/Keluarga, dan Mayoritas mencari informasi Pariwisata di Media Sosial Obyek Wisata dan Restoran/Caffe.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW 20/20 Put p
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Pariwisata, Informasi, Mahasiswa, Universitas Airlangga, Surabaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Andhika Patria Tamtama PutraNIM151611413073
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah NurhidayatiNIDN0010127003
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:23
Last Modified: 14 Feb 2020 06:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item