Gambaran Kualitas Pelayanan Antenatal Berdasarkan Indeks Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Tambakrejo Kota Surabaya

Nur Maliatul Firdaus (2019) Gambaran Kualitas Pelayanan Antenatal Berdasarkan Indeks Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Tambakrejo Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (683kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 7 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan antenatal yang berkualitas dalam program KIA merupakan salah satu kegiatan yang dianggap efektif sebagai upaya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian pada ibu dan anak. Indikator keberhasilan pelayanan ANC dapat dilihat dari output yang dihasilkan, yaitu berupa angka K4. Menurut Kotler terdapat 5 (lima) penentu kualitas jasa yang dapat dijadikan dasar menilai tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diterimanya meliputi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Metode: Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Jumlah sampel sebanyak 149 ibu hamil dengan teknik pengambilan Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner. Analisis data menggunaan analisis univariat. Hasil: Pernyataan yang paling banyak dinilai baik dari tiap dimensi yaitu; tangible: penampilan Bidan, reliability:pencatatan di buku KIA, responsiveness:tanggapan terhadap keluhan, assurance:sifat Bidan, empathy komunikasi antara bidan dan pasien. Pernyataan yang paling banyak dinilai cukup dari tiap dimensi yaitu; tangible: ruangan pemeriksaan, reliability: prosedur pelayanan, responsieness: respon bidan terhadap pasien yang menunggu antrian lama, assurance: jaminan terhadap pelayanan, empathy: kesesuaian waktu tunggu dan durasi pelayanan. Kesimpulan: Data tersebut menunjukan bahwa sebagian besar responden menganggap kualitas pelayanan antenatal di Puskesmas Tambakrejo sudah baik namun masih perlu ditingkatkan agar penilaian cukup berubah menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID 16/20 Fir k
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, antenatal care, Ibu hamil.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Nur Maliatul FirdausNIM011811223042
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAditiawarmanNIDN8837700016
Thesis advisorDwi Izzati BudionoNIDN9907147575
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Feb 2020 09:27
Last Modified: 27 Feb 2020 09:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item