Inklusivitas Pengembangan Pariwisata (Studi Tentang Pengembangan Pariwisata Di Pulau Bawean Kabupaten Gresik)

Dwi Widi Amsyah (2019) Inklusivitas Pengembangan Pariwisata (Studi Tentang Pengembangan Pariwisata Di Pulau Bawean Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (515kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (820kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PENYAJIAN, ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (519kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan salah sektor yang diunggulkan untuk mendongkrak pendapatan dari devisa negara. Banyak negara di dunia yang menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor utama pendulang devisa negara. Dengan kondisi geografis Indonesia yang sangat mendukung Pemerintah telah berupaya menjadikan sektor pariwisata menjadi leading sector untuk menghasilkan devisa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat inklusivitas pengembangan pariwisata di Pulau Bawean. Pembangunan Pariwisata Inklusif diartikan sebagai pendekatan pembangunan yang dapat dirasakan oleh semua orang. Artinya semua orang memiliki kesempatan yang sama dan akses yang sama terhadap pembangunan itu sendiri tidak memandang kaya atau miskin, pintar atau tidak, memiliki jabatan atau tidak. Dengan kata lain semua orang dapat berpartisipasi dan berhak untuk mendapat manfaat dari pembangunan tersebut. Pembangunan pariwisata inklusif juga memperhatikan pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan dengan berbasis ekologi wisata. Dan berdasarkan hal tersebut, peneliti berusaha menjawab pertanyaan: Bagaimana pengembangan pariwisata di Pulau Bawean di lihat dari pendekatan pembangunan inklusif? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik, UPT Pariwisata Bawean, Kecamatan Sangkapura, Desa Daun, Desa Sidogedungbatu, Pulau Noko Gili, Pantai Mombhul, dan Mangrove Hijau Daun. Teknik penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling, dan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan pariwisata di Pulau Bawean dapat dikatakan sebagai pengembangan pariwisata inklusif . Hal tersebut dapat dilihat dari manfaat yang dapat dirasakan dengan merata oleh semua pihak, serta partisipasi masyarakat sebagai bentuk pemeberdayaan juga berjalan dengan baik karena banyak masyarakat mendapat lapangan pekerjaan baru dan dapat membuka lapangan usaha baru dibidang pariwisata. Dan terkahir masyarakat sadar akan pentingnya pelestarian alam untuk keberlangsungan ekosistem di masa sekarang maupun di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN 14/20 Ams i
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Pariwisata Inklusif, Pembangunan Inklusif, Pariwisata
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Widi AmsyahNIM071211131016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah AsmorowatiNIDN0016057501
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:07
Last Modified: 02 Mar 2020 03:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item