Febri Endra Budi Setyawan (2019) Komitmen Organisasi Dalam Melaksanakan Pelayanan Kesehatan Holistik Komprehensif Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Peserta Bpjs Kesehatan Di FKTP Kota Malang. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (273kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (623kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
10. BAB 7 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada saat ini, telah terjadi perubahan konsep pelayanan kesehatan di Indonesia, dimana lebih berfokus pada kualitas pelayanan kesehatan dan pembiayaan kesehatan. Setiap individu harus memiliki program jaminan sosial, salah satunya BPJS Kesehatan. Data secara nasional tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan terhadap layanan kesehatan di FKTP secara rata-rata pada tahun 2017 masih di bawah target. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan model komitmen organisasi dalam melaksanakan pelayanan kesehatan holistik komprehensif untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas peserta BPJS-Healthcare di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional, dilakukan mulai Mei hingga Juli 2019. Sampel penelitian sebanyak 33 klinik pratama dan 16 puksesmas. Pengambilan sampel dengan sistematis random sampling dan data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif sebagai indicator utama komitmen organisasi. Kepuasan peserta pada FKTP gabungan adalah 55,6% dipengaruhi oleh komitmen organisasi dalam melaksanakan pelayanana kesehatan holistik komprehensif dan 54% mempengaruhi loyaliyas peserta. Aspek biologis dalam pelayanan kesehatan holistik komprehensif merupakan indicator tertinggi kepuasan peserta baik pada klinik pratama dan puskesmas. Loyalitas di klinik pratama lebih baik daripada pusat kesehatan masyarakat. Komitmen organisasi dalam menerapkan perawatan kesehatan holistik komprehensif akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas peserta BPJS Kesehatan. Kesimpulan menunjukkan bahwa model komitmen organisasi klinik pratama memiliki pengaruh sangat kuat terhadap kepuasan dan pengaruh kuat terhadap loyalitas peserta sedangkan pada puskesmas cukup berpengaruh terhadap kepuasan peserta dan cukup berpengaruh terhadap loyalitas.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK Dis IK 03/20 Set k | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komitmen Organisasi, Kepuasan, Loyalitas, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, BPJS Kesehatan | |||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health | |||||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Novita | |||||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2020 08:33 | |||||||||
Last Modified: | 05 Apr 2020 08:33 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/95095 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |