New Public Service Sebagai Perspektif Dalam Pelaksanaan E-Lampid (Elektronik Lahir, Mati, Pindah, Datang) Kota Surabaya

Mareta Kumala Dewi (2020) New Public Service Sebagai Perspektif Dalam Pelaksanaan E-Lampid (Elektronik Lahir, Mati, Pindah, Datang) Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III PENYAJIAN, ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (871kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan publik sudah menjadi perhatian dan bagian penting bagi setiap individu. Setiap individu dari masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang baik dalam bidang apapun, salah satunya yang terkait dengan administrasi kependudukan. E-Lampid dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Surabaya yang dibuat bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan mempercepat proses pengurusan layanan kependudukan. E-Lampid merupakan suatu inovasi layanan yang ada di Kota Surabaya dan merupakan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik pada tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan e-Lampid di Kota Surabaya ditinjau dari perspektif new public service. Tujuh prinsip dalam new public service adalah melayani sebagai masyarat, bukan sebagai pelanggan; mencari kepentingan bersama; lebih menekankan nilai kewarganegaraan daripada kewirausahaan; berpikir strategis dan bertindak demokratis; sadar bahwa tanggung jawab tidak sederhana; melayani masyarakat bukan mengandalikan masyarakat; menghargai orang, bukan hanya produktivitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan berupa teknik purposive sampling dan teknik analisis data dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta yang menjadi lokasi penelitian adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perspektif new public service, secara keseluruhan telah sesuai dengan pelaksanaan e-Lampid di Kota Surabaya, namun belum berjalan dengan maksimal karena masih terdapat masyarakat yang belum merasakan hal yang sama. Dan juga terdapat kendala dalam pelaksanaannya dimana servernya seringkali error atau melemahnya jaringan internet dari e-Lampid yang membuat masyarakat menjadi kesulitan dalam mengakses layanan e-Lampid tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS AN 03/20 Dew n
Uncontrolled Keywords: E-Lampid, New Public Service, Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Mareta Kumala DewiNIM071511133068
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf IriantoNIDN0006056506
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 31 Jul 2020 13:20
Last Modified: 31 Jul 2020 13:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item