Penyelesaian Sengketa Dalam Kasus Penahanan Kapal Stena Impero Menurut Perspektif Hukum Internasional (Studi Kasus Inggris - Iran 2019)

Fariz Mauldiansyah (2020) Penyelesaian Sengketa Dalam Kasus Penahanan Kapal Stena Impero Menurut Perspektif Hukum Internasional (Studi Kasus Inggris - Iran 2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (526kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II LEGALITAS IRAN DALAM MELAKUKAN PENAHANAN KAPAL STENA IMPERO DI SELAT HORMUZ .pdf
Restricted to Registered users only until 1 August 2023.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III MEKANISME PENYELESAIAN SENGKETA DALAM KASUS PENAHANAN KAPAL STENA IMPERO MENURUT HUKUM INTERNASIONAL .pdf
Restricted to Registered users only until 1 August 2023.

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 1 August 2023.

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (198kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sengketa internasional yang timbul harus cepat diselesaikan agar tidak mengganggu keamanan masyarakat internasional. Berdasarkan hukum internasional, penyelesaian sengketa internasional dapat diselesaikan melalui cara-cara penyelesaian secara damai Dalam hal ini. Sudah sewajarnya sengketa antara Inggris dan Iran di Selat Hormuz harus diselesaikan secara damai. Kasus ini berawal pada penahanan kapal Grace 1 milik Iran yang ditahan Gibraltar dengan bantuan Inggris di Selat Gibraltar, dan kemudian dilanjutkan dengan penahanan kapal Stena Impero milik Inggris yang ditahan oleh Iran di Selat Hormuz. Pembahasan dalam skripsi ini terbagi dalam dua rumusan masalah, yaitu: pertama, legalitas Iran dalam melakukan penahanan kapal Stena Impero; dan kedua, mekanisme penyelesaian sengketa dalam kasus penahanan kapal Stena Impero menurut hukum internasional. Penulisan skripsi ini merupakan tipe penulisan yuridis normatif yaitu penulisan yang berdasar pada penemuan aturan hukum, prinsip-prinsip hukum, maupun doktrin hukum yang sesuai untuk mendapatkan solusi dan menyelesaikan persoalan terhadap kasus penahanan kapal Stena Impero. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penahanan tersebut dianggap sah karena Inggris telah melakukan pelanggaran lalu lintas maritim dan menyalahgunakan hak lintas transit maupun hak lintas damai yang diberikan oleh hukum internasional. United Nations Convention on the Law of the Sea 1982 (UNCLOS 1982) pada dasarnya mengatur dan memberikan wewenang kepada negara pantai untuk menjalankan yurisdiksi nya di laut teritorial negara masing-masing, dalam hal ini negara pantai diperbolehkan untuk membuat peraturan yang menyangkut keselamatan navigasi di laut teritorialnya. Lalu Mekanisme penyelesaian sengketa internasional dalam sengketa antara Inggris dan Iran, dituangkan dalam Charter of the United Nations (UN Charter) bahwa dalam menyelesaikan sengketa dengan cara damai, pihak-pihak yang bersengketa dalam menyelesaikan sengketanya melalui cara negosiasi, mediasi, konsiliasi, arbitrase dan melalui Mahkamah Internasional atau Pengadilan khusus. Pengadilan khusus dalam hal ini adalah International Tribunal for the Law of the Sea (ITLOS), yaitu sebuah pengadilan khusus yang memiliki yurisdiksi atas sengketa yang ditimbulkan oleh pelanggaran-pelanggaran UNCLOS 1982.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 161 / 20 Mau p
Uncontrolled Keywords: Ship Detention, Strait, Stena Impero
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Fariz MauldiansyahNIM031611133001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoesriantiNIDN0008096201
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Aug 2020 07:11
Last Modified: 01 Aug 2020 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item