Relasi Kuasa antara Perawat dengan Penerima Layanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar

Sukriyadi (2020) Relasi Kuasa antara Perawat dengan Penerima Layanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK .pdf

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI .pdf

Download (39kB)
[img] Text (BAB 1)
4 BAB 1 .pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 2)
5 BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6 BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7 BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8 BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
9 BAB 6 .pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7)
10 BAB 7 .pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (363kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Interaksi perawat dengan pasien terjadi saat pasien mengalami gangguan pada kesehatannya. Proses interaksi antara perawat dengan pasien terjadi sebagai transaksi berdasar kewajiban dan hak perawat dan pasien. Transaksi sebagai proses interaksi melahirkan kekuatan relasi kuasa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui relasi kuasa antara perawat dan penerima layanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif, yang melibatkan lima partisipan utama perawat dan lima pasien dan keluarganya serta dua supervisor perawat sebagai triangulasi. Data dikumpulkan melalui in-depth interview dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Sebelas tema yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu: 1. Berkeinginan ketentraman dan kesembuhan pasien, 2. Berupaya merawat pasien sesuai kondisi dan aturan, 3. Memperlakukan pasien sesuai aturan, 4. Merasakan problematis kerja, 5. Melalaikan kewajiban namun menyesali, 6. Deraan beban kerja menyulitkan tapi niat bersabar, 7. Berusaha mencairkan suasana untuk berempati kepada pasien, 8. Berusaha mencairkan suasana untuk berempati kepada perawat, 9. Perawat menyerah pada nasib dan kondisi perawatan, 10. Dilema akan problematis kondisi, dan 11. Mengisyaratkan keharusan pasien patuh dalam perawatan. Proposisi penelitian ini adalah: 1) Kepatuhan pasien dalam interaksi keperawatan di rumah sakit merupakan bentuk relasi kuasa antara perawat dan pasien. 2) Kenyamanan dan ketentraman pasien dalam relasi kuasa antara perawat dan pasien dapat meningkatkan kesembuhan pasien. Saran untuk Rumah Sakit agar dapat menerapkan pelayanan keperawatan dengan baik dengan memperhatikan relasi kuasa antara perawat dan pasien, untuk perawat agar dapat menerapkan hasil penelitian dalam rangka mencapai keseimbangan relasi kuasa antara perawat dan pasien.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 05/20 Suk r
Uncontrolled Keywords: power relations, nurses, patients, phenomenology
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SukriyadiNIM101217087329
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShrimarti RukminiNIDN0015026601
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Aug 2020 06:45
Last Modified: 06 Sep 2020 11:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item