Precarious Success Program (Studi Tentang Efektivitas Pelaksanaan Program Kantong Plastik Berbayar Di Toko Ritel Modern Di Kota Surabaya)

Diana Widya Andriyati (2020) Precarious Success Program (Studi Tentang Efektivitas Pelaksanaan Program Kantong Plastik Berbayar Di Toko Ritel Modern Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (538kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III ANALISIS DATA)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2023.

Download (554kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan program kantong plastik berbayar di toko ritel modern di Kota Surabaya. Lebih lanjut, penelitian ini menganalisis apakah program kantong plastik berbayar termasuk program yang berhasil (Success) atau program yang gagal (Failure). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan terkait sampah, khususnya sampah plastik yang berdampak negatif terhadap kesehatan makhluk hidup maupun lingkungan. Terlebih di Kota Surabaya yang memproduksi sampah tertinggi se Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah pusat (KLHK) menurunkan kebijakan kantong plastik berbayar berupa Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.6/PSLB3/PS/PLB.0/5/2016 tanggal 31 Mei 2016 perihal Pengurangan Sampah Plastik Melalui Penerapan Kantong Belanja Plastik Sekali Pakai Tidak Gratis sebagai salah satu bentuk upaya pengurangan produksi sampah plastik masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas kebijakan, dan spektrum keberhasilan hingga kegagalan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling dan random sampling dengan total infoman sebanyak 48 orang. Data didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar pelaksanaan program kantong plastik berbayar di Kota Surabaya belum efektif. Belum efektifnya pelaksanaan program kantong plastik berbayar ditunjukkan dengan kurangnya strategi untuk mencapai tujuan, belum ada sistem pengendalian yang bersifat mendidik, belum tercapainya tujuan kebijakan, serta menurut stakeholder program ini belum dapat diterima secara umum. Selain itu, kesadaran serta kepatuhan dari kelompok sasaran kebijakan juga masih rendah. Padahal efektifnya pelaksanaan program dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program. Kurang efektifnya pelaksanaan kebijakan kantong plastik berbayar ini dapat dikategorikan dalam spketrum keempat pada tingkat keberhasilan program, yaitu Precarious Success. Yang mana kegagalan yang terjadi dalam proses pelaksanaan programn lebih banyak dari pada keberhasilan yang dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 20-20 And p
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Implementasi Kebijakan Publik, Efektivitas, Successful Program, Failure Program, Program Kantong Plastik Berbayar
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Diana Widya AndriyatiNIM071311133019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah AsmorowatiNIDN0016057501
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Aug 2020 14:33
Last Modified: 12 Aug 2020 14:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item