BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT SIDOARJO

AVIVA NISAHITA UNGKY ROSYIDI, 040510828 (2011) BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rosyidiavi-13733-a9810-b.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rosyidiavi-13733-a9810-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kinerja merupakan hal yang penting bagi suatu organisasi. Tidak hanya organisasi bisnis saja yang perlu melakukan pengukuran kinerja, organisasi publik, termasuk pemerintahan pun dituntut untuk melakukan penilaian kinerja. Pengukuran kinerja pada organisasi pemerintahan dapat meningkatkan pertanggungjawaban dan memperbaiki proses pengambilan keputusan. Saat ini, pengukuran kinerja secara finalsial tidaklah cukup mencerminkan kinerja organisasi sesungguhnya, sehingga dikembangkan suatu konsep Balanced scorecard . Konsep Balanced scorecard mengukur kinerja suatu organisasi dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Balanced scorecard dapat membantu organisasi pemerintahan dalam mengontrol keuangan dan mengukur kinerja organisasi sebagai tolak ukur pencapaian suatu target sehingga selaras dengan visi dan misi organisasi tersebut. Konsep Balanced scorecard ini pada dasarnya menerjemahkan strategi dan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dipantau secara berkelanjutan. Penelitian ini menitikberatkan kepada pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced scorecard berdasarkan empat perspektif. Objek penelitian adalah Kantor Bersama Samsat Sidoarjo, sebuah organisasi pelayanan publik milik pemerintah yang kegiatannya memungut pajak kendaraan bermotor, memungut asuransi jiwa, dan legalisasi dokumen penting kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kinerja Samsat Sidoarjo dalam perspektif pelanggan, keuangan, proses internal adalah baik. Sedangkan kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan cukup baik. Balanced scorecard dapat menjadi masukan bagi Samsat Sidoarjo untuk menerapkan pendekatan ini. Konsep ini diharapkan dapat membantu Samsat Sidoarjo untuk melakukan pengukuran kinerja secara lebih komperhensif dan akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 98/10 Ros b
Uncontrolled Keywords: PERSONAL MANAGEMENT STRATEGY PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
AVIVA NISAHITA UNGKY ROSYIDI, 040510828UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIKA ATMA K., SE., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item