Pengaruh Disclosure Language Dan Message Type Pada Konten Video Review Di Youtube Terhadap Influencer Credibility, Review Trustworthiness, Dan Recommendation Behavioral Intentions Produk Smartphone

Satrio Adi Wicaksono (2020) Pengaruh Disclosure Language Dan Message Type Pada Konten Video Review Di Youtube Terhadap Influencer Credibility, Review Trustworthiness, Dan Recommendation Behavioral Intentions Produk Smartphone. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (308kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB 4 HASIL ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji perbedaan influencer credibility dan review trustworthiness pada produk smartphone berdasarkan strategi disclosure language dan message type pada konten video review yang diunggah influencer di YouTube menggunakan uji MANOVA. Kemudian menguji pengaruh influencer credibility dan review trustworthiness terhadap recommendation behavioral intentions menggunakan Macro PROCESS. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 disclosure language (disclosed vs. undisclosed) x 2 message type (attribute-centric vs. benefit-centric) pada 160 partisipan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Sebelum dilakukan main test, dalam penelitian ini dilakukan cek manipulasi untuk memastikan partisipan memahami kondisi serta stimulus yang dirancang oleh peneliti. Variabel terukur influencer credibility (5 indikator), review trustworthiness (5 indikator), recommendation behavioral intentions (5 indikator), diukur dengan masingmasing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa kondisi disclosure language yang berbeda menghasilkan perbedaan yang signifikan pada influencer credibility dan review trustworthiness, sedangkan kondisi message type yang berbeda juga menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap influencer credibility dan review trustworthiness. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi disclosure language dan message type menghasilkan perbedaan yang signifikan pada influencer credibility dan review trustworthiness. Selain itu, dalam penelitian ini membuktikan bahwa influencer credibility dan review trustworthiness berpengaruh positif pada recommendation behavioral intentions.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 49/ 20 Wic p
Uncontrolled Keywords: disclosure language, message type, influencer credibility, review trustworthiness, recommendation behavioral intentions, MANOVA, Macro PROCESS.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Satrio Adi WicaksonoNIM: 041611233319
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSony KusumasondjajaNIDN0001057604
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Aug 2020 06:06
Last Modified: 15 Aug 2020 06:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97405
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item