PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DAN KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

DITTA PRIMAYANTI, 040610575 (2011) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DAN KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-primayanti-13741-a9210-p.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-primayanti-13741-a9210-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses penyusunan laporan keuangan yang melibatkan pihak manajemen pada akhirnya dapat mempengaruhi laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Di samping itu, pihak manajemen memiliki lebih banyak informasi mengenai kondisi perusahaan dibandingkan investor dan pemegang saham. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem pengelolaan perusahaan yang baik untuk melindungi investor dan pemegang saham tersebut. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara asimetri informasi yang diukur dengan bid-ask spread, mekanisme corporate governance, manajemen laba yang diukur dengan discretionary accrual, serta kualitas laba yang diukur dengan earnings response coefficient. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 51. Data didapatkan dari laporan keuangan 2006-2007 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda, regresi sederhana, dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial asimetri informasi dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba. Sedangkan kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen, ukuran dewan direksi dan keberadaan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba. Secara bersama-sama asimetri informasi dan mekanisme corporate governance berpengaruh secara signifikan terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini juga menemukan bahwa mekanisme corporate governance secara parsial dan simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa praktik manajemen laba juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROFIT - ACCOUNTING STOCKS -PRICES STOCK EXCHANGE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DITTA PRIMAYANTI, 040610575UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Agustia, Dr. Hj., SE., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item