Determinan Sosial Demografi Dan Ekonomi Terhadap Pengguna Internet, E-Commerce, Dan E-Banking Di Indonesia

Muhammad Abrar (2020) Determinan Sosial Demografi Dan Ekonomi Terhadap Pengguna Internet, E-Commerce, Dan E-Banking Di Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (311kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (784kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi telah menjadi tantangan di negara berkembang. Namun, relatif sedikit penelitian tentang determinan pengguna internet yang dihubungkan dengan e-commerce dan e-banking di Indonesia. Di tengah banyaknya usaha konvensional yang tutup serta isu daya beli masyarakat yang turun, usaha e-commerce dibantu dengan teknologi internet dan e-banking mampu bertahan di pasaran. Oleh karena itu, perlu penelitian mengenai determinan sosial demografi dan ekonomi terhadap pengguna internet, e-commerce, dan e-banking dari sisi rumah tangga sebagai salah satu pelaku perekonomian. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi logistik dengan menggunakan data dari Susenas Maret tahun 2017 dengan jumlah sampel 926.218 individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang memiliki karakteristik berusia muda, lulusan perguruan tinggi, tinggal di daerah perkotaan, memiliki ponsel, menggunakan komputer, bekerja, pengeluaran perkapita di atas garis kemiskinan, serta memiliki pendapatan perkapita yang tinggi memiliki peluang lebih besar untuk menjadi pengguna internet, e-commerce, dan e-banking. Kebijakan pemerintah diperlukan untuk menyediakan sarana prasarana, infrastruktur yang memadai dan merata serta meningkatkan pendidikan teknologi informasi yang diperlukan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE. 10-20 Abr d
Uncontrolled Keywords: internet, e-commerce, e-banking, regresi logistik, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad AbrarNIM041814453017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRossanto Dwi HandoyoNIDN0024087602
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:33
Last Modified: 28 Aug 2020 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97991
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item