Nindy Kurnia Fajarini (2019) Analisis Faktor-Faktor Online Trust Pada Aplikasi Ovo Dikalangan Mahasiswa Di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (545kB) |
|
Text
2. ABSTRAK .pdf Download (424kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI .pdf Download (435kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (551kB) |
|
Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM .pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III TEMUAN DATA .pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (249kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV ANALISIS DATA .pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN .pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (33kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (417kB) | Request a copy |
Abstract
Mobile payment saat ini sedang marak digunakan banyak orang termasuk mahasiswa, salah satunya adalah OVO. OVO merupakan layanan mobile payment yang memberikan kemudahan penggunanya dalam melakukan online. Online trust merupakan hal penting yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan transaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana faktor-faktor online trust terhadap penggunaan aplikasi OVO serta bagaimana tingkatan online trust di kalangan mahasiswa. Peneliti menggunakan konsep oleh Djahantighi dan Fakar (2012). Konsep faktor-faktor online trust ini terdiri dari perceived usefulness, perceived ease of use, perceived enjoyment of technology, perceived privacy and security dan company competency. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif serta lokasi penelitian yang dipilih adalah perguruan tinggi di Surabaya. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling kemudian dihitung dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% untuk menentukan besaran sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa online trust pada penggunaan OVO di kalangan mahasiswa kota Surabaya berada pada kategori tinggi, dengan rincian perceived usefulness memiliki skor rata-rata 4,12 (kategori tinggi), perceived ease of use memiliki skor rata-rata 4,09 (kategori tinggi), perceived enjoyment of technology memiliki skor rata-rata 4,05 (kategori tinggi), company competency memiliki skor rata-rata 4 (kategori tinggi) dan perceived privacy and security memiliki skor ratarata 3,76 (kategori tinggi). Dari hasil tersebut juga terlihat bahwa terdapat tingkatan online trust yang mana perceived usefulness memiliki skor paling tinggi, artinya mahasiswa merasakan manfaat yang besar ketika menggunakan OVO hingga perceived privacy and security yang memiliki skor paling rendah sehingga berdampak pada sikap atau perilaku mahasiswa untuk menggunakan OVO.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.IIP 36/20 Faj a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | OVO, online trust, mobile payment | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2020 07:26 | ||||||
Last Modified: | 31 Aug 2020 07:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98160 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |