Kerjasama Menangani Terorisme Multinasional Boko Haram: Studi Kasus Nigeria Dengan Chad Tahun 2015-2018

Raiyan Adi Anggara (2019) Kerjasama Menangani Terorisme Multinasional Boko Haram: Studi Kasus Nigeria Dengan Chad Tahun 2015-2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas Boko Haram pada awalnya hanya terbatas di kawasan Nigeria sebelah utara. Kawasan ini dikenal dengan kawasan dengan kondisi perekonomian yang tertinggal dan kontras dengan kawasan Nigeria selatan. Pasca 2009, Boko Haram yang awalnya merupakan ancaman bagi negara bagian Borno dan Yobe, Nigeria Utara, meningkatkan aktivitas terornya hingga mendekati pusat ibukota Abuja di Nigeria Selatan. Serangan serangan yang pada awalnya ditujukan ke aparat keamanan dan militer, meluas hingga ke masyarakat sipil, politisi, dan wilayah wilayah perbatasan. Penelitian ini menitikberatkan pada respon dan kerjasama yang dilakukan oleh Nigeria dengan Chad dalam menghadapi permasalahan terorisme lintas batas Boko Haram. Poin yang membedakan penelitian ini dengan penelitian yang telah ada sebelumnya adalah peneliti berusaha menjelaskan kerjasama yang dilakukan oleh Nigeria dengan Chad melalui kekuatan masyarakat sipil, Civilian Joint Task Force (CJTF). Untuk memperkuat penjelasan dari fenomena tersebut, peneliti menggunakan pendekatan soft power dalam memahami cara kerja CJTF. Melalui pendekatan ini, peneliti juga berupaya menjelaskan bentuk kerjasama Nigeria dan Chad dalam menghadapi ancaman pasca teror yang dapat berdampak pada instabilitas kedua negara, yakni peningkatan jumlah pengungsi di wilayah perbatasan, metode serangan Boko Haram yang semakin sulit terdeteksi karena terbagi kelompok kecil, dan kebutuhan menciptakan kondusifitas kembali di daerah daerah terdampak. Peneliti menemukan bahwa penggunaan CJTF dibutuhkan karena aktivitas Boko Haram yang bersifat lintas batas tidak mampu ditangani oleh satu negara saja. Peneliti juga menemukan bahwa melalui CJTF aktivitas Boko Haram dapat dideteksi lebih dini dan mampu melokalisir serangan Boko Haram melalui perbatasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI 26/20 Ang k
Uncontrolled Keywords: Nigeria, Chad, kerjasama, soft power, Boko Haram, Civilian Joint Task Force.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Raiyan Adi AnggaraNIM071511233063
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyudi PurnomoNIDN0021095603
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:32
Last Modified: 02 Sep 2020 06:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item