Strategi Penyesuaian Akademik Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Cerebral Palsy

Rani Listhya Pepayosa Sembiring (2020) Strategi Penyesuaian Akademik Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Cerebral Palsy. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (469kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2023.

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2023.

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2023.

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2023.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan akademik dan hambatan fisik yang dialami oleh mahasiswa cerebral palsy membuat tantangan akademik di awal perkuliahan lebih kompleks dari mahasiswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyesuaian akademik di perguruan tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa cerebral palsy. Menurut Baker & Siryk (1984), penyesuaian akademik merupakan proses perubahan psikologis individu mengatasi tuntutan akademik dan tujuan mereka, termasuk motivasi untuk menyelesaikan tugas akademik, sukses dalam syarat akademik, berusaha mengaplikasi strategi akademik dan kepuasan pada lingkungan akademik dimana dia berada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik.. Partisipan berjumlah 3 orang yang merupakan mahasiswa cerebral palsy yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Surabaya. Proses pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik data-driven. Dalam penelitian ditemukan strategi mengatasi kesulitan mobilitas dengan meminta bantuan teman maupun volunter. Merekam selama dosen mengajar, meminjam catatan teman, memfoto materi atau catatan teman, bertanya pada teman, meminta bantuan volunter untuk mencatat serta membaca materi sebelum kelas merupakan strategi yang subjek gunakan dalam mengatasi hambatan belajar di kelas. Strategi belajar di luar kelas meliputi mempersiapkan dari jauh hari, membaca buku, serta mendengarkan rekaman. Meminta bantuan volunter mengajari dan meminta hasil kerja teman untuk dipelajari merupakan strategi ketika praktikum. Strategi yang digunakan ketika ujian adalah menulis dengan singkat dan padat dan strategi ketika PKL adalah mengolah data mentah. Selain itu, ada strategi ketika KRS seperti meminta saran senior dan berdiskusi dengan AIL. Strategi ketika mengerjakan skripsi yaitu meminta bantuan teman ataupun volunter untuk mengetik serta berdiskusi dengan pihak akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 118/ 20 Sem s
Uncontrolled Keywords: student strategy, academic adjustment, college, cerebral palsy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Rani Listhya Pepayosa SembiringNIM111611133089
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwin HendrianiNIDN0002117802
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:57
Last Modified: 07 Sep 2020 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item